Pada medio 80’an hingga akhir 90’an, Era motor 250cc sangat berkembang pesat. . . Sebagai alternatif dari kelas supersport 4-Tak yang saat itu terlampau mahal, Tentunya motor legendaris berikut ini saat itu menjadi pilihan bagi speedsters dengan harga yang terjangkau. . . Meski hanya memiliki kubikasi 250cc, Namun deretan motor legendaris berikut masih mampu menjabani motor kelas 600cc sekalipun. . . Nah, Yang akan kita bahas disini adalah deretan motor sport 250cc asal Pabrikan Jepang yaitu Kawasaki KR-1S, Yamaha TZR250SP, Honda NSR250SP & Suzuki RGV250SP versi Open Spec alias tanpa pembatasan power seperti yang ada pada produk Japanese Spec. . .
Seperti apa pembahasannya, Ayo kita simak bersama-sama Brosist. . . Cekidot !
1. Kawasaki KR-1S
Kawasaki KR-1S hadir mengisi Line-Up pertama. . . Mengusung mesin 250cc, Parallel-Twin 2 Silinder, E-KIPS (Electronic-KIPS), Kawasaki KR-1S memiliki spesifikasi yang paling minimalis diantara pesaing lainnya yang kesemuanya sudah mengusung konfigurasi mesin V-Twin 2 Silinder. . . Meski memiliki mesin yang inferior, Namun bukan berarti kawasaki yang paling lemot diantara pesaingnya ya Brosist, , Justru Kawasaki KR-1S lah yang memiliki catatan top speed tertinggi diantara pesaingnya. . . Ya ! Kawasaki KR-1S mampu menyabet gelar Motor 250cc produksi massal tercepat di dunia dengan catatan top speed 225 Km/h dalam kondisi full standar (Versi majalah otomotif dunia Performance Bike Magazines). . . Mantep kan !
Model : Kawasaki KR-1 ( Sport Version)
Engine : 2-Tak, Parallel-Twin 2 Silinder, Liquid Cooled, Elektronik-KIPS
Bore x Stroke : 56 x 50,6 mm
Kapasitas Silinder : 249 cc
Sistem Penyuplai BBM : 2 x Karburator Keihin PWK28
Rasio Kompresi : 7,4 : 1
Max Power : 65 HP @ 10.500 RPM
Max Torsi : 37,5 N.m @ 8500 RPM
Berat Kosong : 131 Kg
Top Speed : 225 Km/h
Kelebihan (+) : Top Speed Tertinggi di antara Pesaingnya, Harga Termurah
Kekurangan (-) : Desain Biasa, Handling Kurang Bersahabat, Pamornya Terendah diantara Pesaing
2. Yamaha TZR250SP 3XV
Hadir sebagai penantang kedua adalah Yamaha TZR250SP. . . Motor hasil karya desainer jepang Kunihiro Miwa ini mengusung desain eksotis sebagai senjatanya yang utama. . . Tak hanya desainnya yang eksotis, Ternyata Yamaha juga menyematkan mesin 2-Tak, 250cc, Liquid-Cooled, V-Twin 2 Silinder plus YPVS yang powerfull alias maknyuss. . . Nah demi menjaga stabilitas & handling dari si eksotis ini, TZR250 juga dibekali Frame alumunium deltabox, Swingarm Banana alumunium casting & Fork Upside-down buatan Showa di bagian depan. . . Membuat motor yang distop produksi tahun 1995 ini makin memikat mata loh Brosist ! Josspoll !
Model : TZR250 (Sport Production)
Engine : 2-Tak, V-Twin 2 Silinder 90 derajat, Liquid Cooled, YPVS
Bore x Stroke : 56 x 50,7 mm
Kapasitas Silinder : 249,7 cc
Sistem Penyuplai BBM : 2 x Karburator Mikuni TM32SS
Rasio Kompresi : 7,5 : 1
Max Power : 60,1 HP @ 10.500 RPM
Max Torsi : 46 N.m @ 8.000 RPM
Berat Kosong : 126 Kg
Top Speed : 215 Km/h
Kelebihan (+) : Desain Eksotis, Performa Apik, Bobot Paling Ringan diantara Pesaing
Kekurangan (-) : Top Speed Standar, Harga Mahal
3. Honda NSR250SP MC28
Penantang selanjutnya datang dari Pabrikan Roda dua terbesar di seantero jepang, Honda NSR250SP. . . Motor yang disebut-sebut sebagai yang paling mutakhir di era 250cc ini merupakan penantang paling serius kepada para jagoan sebelumnya. . . Desain NSR yang simple seakan menyembunyikan keindahan Body berbahan serat karbon, Frame alumunium twin-spar, Single Swingarm (Pro-Arm) Alumunium, Plus Velg magnesium buatan Magtek yang sangat ringan. . . Beralih ke sektor mesin, Honda membekali NSR250SP dengan mesin 250cc 2-Tak, V-Twin 2 Silinder 90 derajat plus PGM-IV dan RC-Valve yang seluruhnya dikendalikan secara elektronik sebagai otak pengapian di NSR250SP ini. . . Fantastis !
Model : NSR250 (Sport Production)
Engine : 2-Tak, Liquid Cooled, V-Twin 2 Silinder 90 derajat, PGM-IV
Bore x Stroke : 54 x 54,5 mm
Kapasitas Silinder : 249 cc
Sistem Penyuplai BBM : 2 x Karburator Keihin PE 34 mm
Rasio Kompresi : 7,4 : 1
Max Power : 60,3 HP @ 10.500 RPM
Max Torsi : 44 N.m @ 9.500 RPM
Berat Kosong : 137 Kg
Top Speed : 215 Km/h
Kelebihan (+) : Material & Build Quality Terbaik, Handling Superior, Paling Tenar diantara Pesaing (Collector Item)
Kekurangan (-) : Desain Simple, Top Speed Standar, Harga Termahal
4. Suzuki RGV250SP VJ23
Sebagai kontender terakhir, Hadir dari pabrikan yang terkenal akan klan GSXnya, Suzuki RGV250SP. . . Motor yang didevelop dan mengacu langsung pada race-spek ini memang sangat layak untuk diperhitungkan. . . Mengusung desain yang eksotis layaknya TZR250SP, RGV juga mengusung Frame Alumunium Twinspar plus Swing arm Banana yang membuat RGV hanya berbobot 134Kg saja. . . Di sektor mesin, Paduan mesin 2-Tak 250cc, V-Twin 2 Silinder 70 derajat plus Suzuki AETC mampu memuntahkan power hingga 63 HP dan kurva powernya merata di setiap rentang RPM. . . Wedyan !
Model : RGV 250 (Sport Production)
Engine : 2-Tak, Liquid Cooled, V-Twin 2 Silinder 70 derajat, S-AETC System
Bore x Stroke : 56 x 50,6 mm
Kapasitas Silinder : 249 cc
Sistem Penyuplai BBM : 2 x Karburator Mikuni TM32 Special Edition
Rasio Kompresi : 8,0 : 1
Max Power : 62,95 HP @ 11.000 RPM
Max Torsi : 47 N.m @ 10.000 RPM
Berat Kosong : 134 Kg
Top Speed : 220 Km/h
Kelebihan (+) : Desain Eksotis, Mesin Powerfull, Power Merata
Kekurangan (-) : Handling Inferior, Unit Import Terbatas
Well. . . Memang tak ada gading yang retak, Begitupun dengan jajaran sport 250cc 2-Tak Legendaris ini. . . Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. . .
Sebagai kesimpulan akhir, EA’s Blog memberikan penilaian :
Kawasaki KR-1S : The Best of Top Speed
Yamaha TZR250SP : The Best Design Ever
Honda NSR250SP : The King of Technology
Suzuki RGV250SP : The Beast of All
Demikianlah yang bisa EA tulis di artikel ringan blog sederhana ini. . . . Semoga Mampu menjadi Inspirasi & Hiburan bagi Brosist untuk menikmati hari yang spesial ini. . . Next time masih ada banyak Motor Legendaris lainnya yang akan kita bahas bersama. . .
Oleh karena itu, Jangan lupa Stay Updated with EA’s Blog ya Brosist….
jos
Maknyuss…
Weleh.. gile bener… power diatas 60 hp, bobot cuma 137kg, serem… apagi itu kondisi standar, gimana klo dioprek lagi ya…
Artikel yg sangat bagus bro..
Nitip, Honda LS125.
http://prasetyo676.wordpress.com/2014/04/09/honda-ls-125-slim-dan-keren/
Kalo dioprek lagi bisa tembus 260km/h mass… Apalagi si RGV & NSR itu masih belum ditempel Race kit Suzuki & HRC kit…
Thanks banyak mas buat apresiasinya…. 😀
Wah mantap… joss..
Jossss….
tembus 120hp an. top speed kira2 240kpj an.
CMIIW
Wuih keren,NSR dan TZR mancap 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/04/08/sirkuit-permanen-bukit-peusar-kota-tasikmalaya-bagaimana-menurut-anda/
Maknyuss bro, Colek terbangggg…. 😀
King of technology – Honda
http://cahyadip.wordpress.com
Setuju nggak mas ??
Bentull *toss…. 😀
Suzuki-suzuki lain yg kuharap lain yg datang
Maksudnya mass ?
Yang NSR250 jambakannya parah tuh, pernah adu ngetrack ala lamer, xixixi
http://monkeymotoblog.com/2014/04/09/test-ride-singkat-honda-cbr-250-r/
Hasilnya gimana mas vandra ?
Saya pakai nasir pekgo espe cuma sebulan juga udah sering banget senam jantung mas, ga kebayang yang nopekgo…. 😀
legendaris 250cc 4 tak gak d bahas juga mas 😐
legendaris 250cc 4 tak gak d bahas juga mas 😐 yg lebih dri 2 silinder 😐
Edisi selanjutnya ya mass, hehehee…
Masih e-mail an sama empunya FZR250 nih, soalnya saya datanya agak kurang kumplitt… 😀
Takutnya nanti ada yang salah di data spek-nya… 😀
Jaman 90an akhir paling seneng liat NSR, tapi yang 150 🙂
http://4g92mivec.wordpress.com/2014/04/09/komodo-dipakai-oleh-mahindra-untuk-nama-suv-nya/
Bener banget mass, saya pernah ngoprek ringan SP udah bisa bikin keder yang punya mogeh… 😀
Jadi kangen masa jayanya 2 tak dulu 😉
Jamannya saya cuma kebagian sisanya doang nih mass…. Hehehehe 😀
Request artikel
Suzuki rgr bro. .
Ngiler rgr punya temen. . .
Siap broo….
Btw, RG 150 Gamma sudah pernah dibahas yaa… Monggo cek di kategori history
Request artikel mas
Tolong dimuat artikel modif underbone 110 cc. 125 cc. Sport 150 cc..
Kayak nova dash.nsr sp hrc thailand. Ninjanya hmf or cms. Tzm. Jr 120 hong leong dll
Tengkiuu
siapp… tapi semuanya bakal saya muat dalam versi standar pabrikan aja ya masbroo…
Ok. Ditunggu mas brow
siapp 86…. jadwalnya rabu & sabtu masbroo… 😀
2 tak emang kencang
http://sarikurnia980.wordpress.com/2014/04/10/suzuki-meluncurkan-gsr750-se-2014/
Bentull bro…. 😀
Mantep2 ulasannya, 2T emang gk ngibul powernya.
Thanks masbro…
2-Tak emang gag ada matinya deh… 😀
[…] ringan nan spesial ala EA’s Blog. . . Menanggapi Request pengunjung pada artikel yang lalu Spesial : Adu Spesifikasi Motor Legendaris 250cc 2-Tak, Maka kali ini EA’s Blog coba untuk memenuhi hasrat Brosist semua tentang ayago super kencang […]
RS250 mana??? msk gk masuk.
itu jepun semua mass, RS250 kan italia, harganya juga beda banget waktu itu…. nanti saya bikinin artikelnya sendiri deh…
mantabs sekali ulasan nya… jd kpengen 2tak 250 cc…kira2 msh ada gak ya 2nd nya….
ada mas, Kisaran 3500 poundsterling-an kondisi mint NSR250SP MC28, Palingan nyampe sini abis 100 jetian fullpaper…. 😀
naksir Kawasaki KR-1S nya mas….setau saya top speednya bs smp 250kph bkan 225kph….nek harga 2nd dpt top speed sgtu y mending ini drpd er6…hehe
yang 250km/h pake CDI kit dari Kawasaki Racing Kit mas, Saya juga pernah dapet infonya baru2 ini dari temen email-an di luar…. 😀
Keren banget ya bang!?
Dijamannya itu motor harganya berapa ya? Terus ada yang jual seken gak ya?
Gak kebayang jalan-jalan pake’ motor ringan model gini
Keren banget masbroo. . . Dijamannya seharga motor 600cc 2 silinder jaman sekarang masbroo, Yang jual seken ada, Tapi di luar negeri & harganya selangit. . . 😀
om nambahin dikit, yg kawak KR std powernya cuma 55 hp yg versi S yg 65 hp. suzi RGV yg std 63 hp tapi yg spek 70 derajat V itu versi VJ23/SP tenaganya 70 HP.
mesin nya di ambil/lisensi dan di rebrand lalu di modif lagi oleh aprilia utk di pasang di RS250
gilaaaa semua power nya kang
ane cma punya nsr astra rr yg 37 hp az
udh ngos ngosan lari 190 an jantung ane
truz skrg gak prnah lg ampe sgtu skrg
btw honda dan yamaha mank terbaik
tp untuk kelas 2 tak hanya honda yg terbaik
kalau disaingin adu kecepatan dgn mtor 4 tak 2 silinder dan sama2 250cc.. mna yg lbih unggul kcpatannya gan???
Jauh kang 🙂
top speed ninja 250 fi hnya 175kmh
top speed cbr250r hanya 165kmh
top speed yamaha r25 hanya 180kmh..
selain itu power udah kalah banget…
sebagai contoh
power yamaha r25 yg skarang ini : 35hp
jika dibandingkan (misalkan)
power honda nsr250r : 60hp
power yamaha r25 nyaris kalah power hingga 25hp dari power honda nsr250r…
klo mau bandingin motor sport 250cc 2silinder 4tak.. cukup dengan motor sport 150cc 2tak saja…
gak level bro
250cc 2tak vs 250cc 4tak…ga imbang abis bro…di open class sentul era 90 an aja 250cc 2tak tandingnya ama 600cc 4tak
jadi tambah jatuh cinta sama kawasaki 😀
Jambakan Ibliss 😀