Hollaa Brosistt. . !
Kembali lagi kita bertemu dihari Sabtu indah yang semoga senantiasa diberkahi oleh Tuhan YME. . .
Oke ! Pada weekend yang indah ini, , EA’s Blog akan menyuguhkan Artikel History tentang sebuah Produk Roda 2 yang banyak di idolakan pada Eranya bahkan hingga saat ini. . . . Yap, Produk itu adalah Yamaha RD350 YPVS …..
Seperti Apa Lika-liku, Pernik & Detail Motor asal Pabrikan Garputala ini ? ?
Langsung aja Cekdisott ! !
Yamaha RD350 YPVS diproduksi dari tahun 1983 Hingga 1995. . . Produk ini adalah Suksesor dari Versi sebelumnya yaitu RD350 (Tanpa Radiator) & RD350LC (Radiator Tanpa YPVS). . . Pembenahan tak hanya Terfokus di sektor Desain & Power saja Loh Brosist, , Tapi juga di sektor kadar emisi gas buang yang saat itu sedang marak dikampanyekan. . .
Selama tahun 1983-1986, RD350 YPVS ini diproduksi di Jepang & Diimport ke Berbagai Negara termasuk ke USA dengan Nama RZ350. . . Selepas tahun 1986, Basis Produksi Motor ini dipindah ke Brazil hingga akhirnya discontinue di Tahun 1995. . . Namun, Mesin 350cc tanpa YPVS (RD350LC) ini masih tetap diproduksi lho Brosist. . . Yapp ! Mesin ini diproduksi sebagai Jantung pacu Produk Yamaha Banshee 350 ATV. . . Lama juga yaa ? ?
Seperti apa Detail RD350 YPVS ini ? ?
Di sektor Jantung pacu, , RD350 Mengusung Mesin 2-Tak, 350cc, Parallel-Twin Dengan Sistem Pendinginan Cairan (Radiator) . . . Sementara Output Powernya semakin Dimaksimalkan oleh Yamaha Power Valve System (YPVS). . . Sistem kerjanya mirip SuperKIPS milik Ninja 150 2-Tak, Namun YPVS jauh lebih canggih karena dikendalikan oleh ECU. . . Di sektor Penyuplai BBM, , RD350 ini menggunakan Karburator Mikuni VM26SS (*Mirip karbunya siapa yaa ? ? Xixi 😛 ). .
Performanya Pun tak Perlu diragukan Brosist !
Hasil Kombinasi Mesin 2-Tak Parallel-Twin, YPVS & Mikuni VM26SS di RD350 YPVS Mampu memuntahkan Output Power Hingga 59 HP dan Torsi 38 N.m Loh Brosist ! ! Nyusss !
Meski bertampang Jadul ( *Karena memang termasuk motor Jadul 😆 ), , Namun di Eranya RD350 termasuk Sportbike yang super Keren Loh Brosist !
*FYI : Sebenarnya Sejak diproduksi di Brazil, , RD350 YPVS terbagi dua Versi yakni Full Fairing & Naked Sportbike. . .
Nah, , Dibalik Mesin 350cc Besarnya, Ternyata Bobot Motor ini tergolong ringan lho. . . Berat kosongnya hanya 143 Kg (Versi Naked) ! ! Walhasil RD350 YPVS ini mampu tembus hampir 210 Km/h , , Hanya dengan sekali betot Gaspoll ! ! Ediann !
Sebagai tambahan , , Nih EA’s Blog Berikan sedikit Spesifikasinya untuk Brosist :
Manufaktur : Yamaha
Model : RD350 YPVS
Tahun Pembuatan : 1983 – 1995
Engine : 2-Tak, Liquid-Cooled, Parallel-Twin, YPVS
Bore x Stroke : 64 x 54 mm
Kapasitas Silinder : 347 cc
Rasio Kompresi : 6,0 : 1
Sistem Penyuplai BBM : 2 x Karburator Mikuni VM26SS
Max Power : 58,9 HP @ 9.200 Rpm
Max Torsi : 38 N.m @ 8.000 Rpm
Top Speed : 208 Km/h (130 Mph)
Frame : Tubular, Lightweight Double-Cradle
(P x L x T) : 2.120 x 710 x 1.175 mm
Tinggi Jok : 800 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.385 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 175 mm
Kapasitas Tangki BBM : 20 Liter
Berat Kosong : 143 Kg
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Monocross Suspension
Rem Depan : Double 267mm Hidraulic Disc, Kaliper 1 Piston
Rem Belakang : Single 266mm Hidraulic Disc, Kaliper 1 Piston
Ban Depan : 90/90 – 18 51H
Ban Belakang : 110/80 – 18 58H
Last . . . Sebagai Daily Bike, , RD350 YPVS EA’s Blog fikir sudah sangat mencukupi kebutuhan para Usernya. . . Selain harganya yang lebih murah dibanding Produk 2-Tak 250cc Layaknya TZR, RGV, NSR & KR. . RD350 juga memiliki kelebihan disisi kenyamanan berkendara. . . Sementara untuk Urusan Performa, , RD350 YPVS dengan secuil ubahan, , Mampu koq Mengasapi Motor 600cc sekalipun. . . Dan tentunya, Lebih Murah Brosist ! !
EA’s Blog berusaha mengumpulkan & menganalisa banyak Review dari Usernya di Luar Negeri sana. . .
Hingga akhirnya EA’s Blog menarik satu kesimpulan pada Motor ini yaitu, ,
“Yamaha RD350 YPVS, , , The International RX-King !”
Sampaikan Pendapatmu Brosist ! !
Semoga Bermanfaat…..
Special Historical Bike by EA’s Blog
di bikinin baju baru, pasti bisa bikin ngiler nih.
tapi sayang, apa masih bisa lolos uji emisi? 😦
Yoi broo, mesinnya & frame nya masih nampol… Sayangnya masih 2-Tak + Catalytic aja Broo… Belum Euro 3
Antik
http://aripitstop.com/2014/03/01/saat-dibikin-repot-karena-magnet-kunci-kontak-vario-techno-rusak/
Yoii, , , Nyuss broo….
350 cc 2 tak sekelas sama 650-700 cc 4tak joosss
Joss markotosss…. 😀
cuma 210kpj 😯
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/03/01/speedometer-new-megapro-vs-gps/
Itu standar tingting pabrik masbro. . . Limiternya sesuai standar eropa pertengahan 90-an…
Kalo udah colek knalpot, cdi & karbu, , R6 nyampe ZX-636 doang sih pada takut masbroo. . . wekekekkk 😆
treng…treng..treng
http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/03/01/kawasaki-ninja-1-silinder-sudah-2-silinder-sudah-tinggal-yang-4-silinder-nih/
Trenteng… Trenteng…. Tttttttteeeeettttttt !!!
*Ngebul* 😆
sesuai nama motornya dong RD = Ring Ding Ding Ding, kalo orang luar nyebutnya begono
Kalo di indonesia mungkin jadi ” Riding Devil ” ya masbroo…
350cc 2tak pula, Gilaaaaaa cadas banget, jambakannya tak bisa dibayangkan lagi
http://yudha79.wordpress.com/2014/03/01/konsumen-motor-yang-cerdas-harus-punya-prinsip-ini/
betot gas asal2an, , Dijamin jumpalitan…. Xixixi 😆
1 liter utk berapa km nih kangbro?
Masing2 user hasilnya beda2 masbroo, , jadinya ane ga bisa bikin kesimpulan… Yang pastinya dibawah 20km/l , kalo dibawa di highway….
waw.. Keren.. jossh bisa ngasepin yang 600cc #gile lu ndroo
Joss…. #Gile lu Donn 😆
Dulu waktu ane SMA , make Yamaha RD350, 2 silinder, tahun pembuatan 1975, sederhana bgt, gak pake ribet, koilnya aja bisa pake koil mobil, masih kenceng, 100kpj gampang banget diraih, memang feel 2 tak yg spontan nggak bisa tergantikan, borosnya bensin terbayar dengan 2 karbu Mikuni, 2 knalpot,.semua masih made in japan, sayang dijual buat kuliah…:)….salah satu moto legendaris Yamaha nih…
Wuihh,, RD350 standar tanpa YPVS ya bro ??
Ajibb banget tuh motor….
pernah punya juga sayang hilang dimaling orang :(.
Jambakannya bikin merinding.. apalagi rem belakang blong.. 😀
Gigi 3 bisa sampai 120km/jam dan cuma butuh 300m gak berani lagi tambah gas. kalau bensinya lumayan mantab cukup 1:15km..
Serius broo, pernah punya ?? Wihh mantap dah pastinya…. Btw, turut berduka u/ kehilangan motor legendarisnya…
bro….aku juga punya rd 350 tapi posisi sekarang gak bisa jalan karna komponen mesinnya rusak…mau nanya kalau kita belanja dimana ya mas bro…tks infonya
coba lirik di e-bay masbroo. . . Banyak tuh tadi saya cek 😀
maksudnya bro yg dijual di indonesia…..untuk sekarang sih dah jalan tapi semuanya saya kanibal punya motro lain..sama yang punya mobil….tinggal kainklos yang gak ada bro…….rencana kalau dah fittt mau gw jual juga…….
sini ane bayarin aku aja bro,
085642858777
mannttaabbb ,, kenceng itu
mau tau ninja karbu vs ninja fi kencengan mana?? ne jawabnya http://adiezz86gasspoll.wordpress.com/2014/03/25/33/
Josspoll….
yen regone telung yuto tak tuku 1 😀
3 Juta dapet RX-King mass… Hehehee
klo cuma king saya gak mau,,maunya itu (rd 350lc ) 😀
Nambah gocap lagi mass, , wkwkwk….
rx king versi moge nihh…..
http://arrayprojects.wordpress.com/2014/03/29/ini-perbedaan-r15-indonesia-india/
Betull masbro, , Lihat dari perbandingan ongkos, hasil & kencengnya, , Motor ini seakan mengingatkan RX-King vs 150cc TZM, NSR, RGV, Ninja….
bodynya mirip rx z …..
borosnya 2 x ninja r ya???
Yap, sama-sama masih kotak-kotak… hehehe
Urusan boros, sepadan lah sama performanya…
ora umum
Kenceng lho bro
Kakak seperguruannya RXZ. Hehehe…
Betulll 😀
gas pol+rem blong=ndlosor
RX-King kelas dewa inii 😀
Saya punya rd 350..mohon infonya karena kampas kopling susah carinya kalau rumah/ plat koplingnya bisanya diganti pakai motor apa ya bos. Sama gear set sama sekernya kalau mau dioverseas bisanya masuk pakai seker apa..toling infonya