Hollaa Brosist ! Bertemu lagi di hari Rabu yang indah bersama Artikel Special Historical Bike ala EA’s Blog. . . Kalau dari hari Jum’at kemarin beritanya Ninja RR Mono + Gunung Kelud terus (*Rada bosen juga sih bikinnya, Apalagi yg baca yaa π ) kali ini kita kembali akan membahas Historical Bike yang semoga mampu menginspirasi pembaca setia EA’s Blog. . . Kesempatan Indah kali ini akan kita awali dengan si Legendaris Kawasaki Ninja Series Pertama di Dunia . . .
Seperti apa sih Sejarahnya Awal Ninja Series ? ?
Seperti apa sih Detail & Pencapaian si Ninja Pertama yang Legendaris ini ? ?
Yuk kita bahas bareng-bareng ya Brosist, , Cekibrottt !
Kawasaki GPZ900 R atau yang Lebih sering disebut Ninja ZX900A (*Selanjutnya kita sebut ZX900 biar gampang π ) adalah Mahakarya Kawasaki yang didevelop secara Top Secret selama lebih dari 6 Tahun. . Hingga Kemudian akhirnya diperkenalkan pada tahun 1984 dan discontinue pada 1986. . . Mungkin banyak Brosist yang lebih mengenal Ninja ZX-6R 636, ZX-10R ataupun ZX-14R, , Tapi Brosist tahu nggak kalau Semua Produk canggih Kawasaki tadi berasal dari satu Produk yang sama ? ?
Yupp !! Kawasaki GPZ900 / ZX900A adalah Ninja Series Pertama di Dunia . . . Tak hanya itu, , Yang lebih membanggakan lagi ternyata ZX900 adalah Motor Pertama yang Menggunakan Platform Mesin Liquid Cooled, Parallel 4 Silinder, DOHC 16V Loh Brosist ! (Mantap pisan nih si “Uyut” nya Ninja). . . For Your Info, Platform Mesin ini jaman sekarang digunakan oleh Hampir semua Supersport & Superbike asal Negeri Sakura, , Alias secara tidak langsung Kawasaki Adalah Salah satu Founder Superbike Dunia melalui ZX900 ini. . . Maknyoss !
Seperti yang telah dijelaskan tadi, , Ninja ZX900 menggunakan Mesin 908cc, Liquid-Cooled, Parallel 4 Silinder, DOHC 16V . . . Performa yang dihasilkan ” First Ninja ” ini pun tak diragukan lagi, , Powernya sanggup mencapai 115 HP dengan Top Speed Maksimal 243 Km/h (151 mph) . . . Ditambah dengan Catatan Akselerasi 1/4 Mil yang hanya 10,55 Detik, , Membuat Ninja ZX900 menjadi Motor Produksi Tercepat di Dunia pada Eranya ! ! ZX900 bahkan mampu membungkam Superbike lain yang memiliki Kubikasi Mesin lebih besar , Layaknya CBX1000s & GS1100. . . Waoww, Jospoll !
Well, , , Kalau Brosist Inget Rekor ZX-14R sebagai Motor Produksi Massal tercepat di Dunia sampai saat ini, Mungkin si Ninja 1400cc tadi dapat Ilham dari Rekor sang “Uyut”nya kali yaa…. Hhheee π
Disisi Desain, , ZX900 juga Patut diapresiasi & Diacungi Jempol Loh Brosist !
Meski hanya dengan Lekukan “Kotak”, Namun desain ZX900 dengan Fairing jadulnya sangat terasa Revolusioner bila kita Compare dengan Superbike lain pada Jamannya. . . Terlebih Feeling mengendarai ZX900 sangat Ringan seperti membawa motor 700cc (Zaman itu) saja. . .Percaya nggak Percaya, , Desain ZX900 ini adalah awal mula Pengembangan Produksi Motor Sport Fairing di Dunia Loh Brosist ! Mantep Kan ? ? Josss !
Sebagai Tambahan, Nih Sedikit Detail Spesifikasi Kawasaki GPZ900R aka Ninja ZX900 :
Model : Kawasaki GPZ900 Ninja (ZX900R Ninja)
Tahun : 1984 – 1986
Engine : 4-Tak, Liquid-Cooled, Transverse 4 Cylinder, DOHC, 16 Valves
Kapasitas Silinder : 908cc
Bore x Stroke : 72.5 x 55 mm
Rasio Kompresi : 11.0 : 1
Penyuplai BBM : 4x Karburator Keihin CVK34
Max Power: 115 HP @ 9500 Rpm
Max Torque : 87 N.m @ 8500 Rpm
Transmission : 6 Speed
Max Top Speed : 151 Mph (241 Km/h)
Suspensi Depan : 38mm Telescopic Forks
Suspensi Belakang : Uni-Trak Air Assisted, Mono Shock
Rem Depan : Double Cakram 280mm, Kaliper 2 Piston
Rem Belakang : Single Cakram 270mm, Kaliper 2 Piston
Ban Depan : 120/80 – 16
Ban Belakang : 130/80 – 18
P x L x T : 2200 x 795 x 1215 mm
Tinggi Jok : 780 mm
Jarak Sumbu Roda : 1495 mm
Berat Kosong : 228 Kg
Kapasitas Tangki BBM : 22 Liter, Termasuk Tangki Cadangan 4 Liter
Last . . . Tak terasa, Kawasaki dengan Ninja Seriesnya telah 30 tahun meramaikan Dunia Sportbike Internasional. . . Beragam produk Ninja yang Atraktif nan Inovatif pun telah diciptakan oleh Pabrikan yang terkenal dengan warna Hijau ini bagi para Konsumen Setianya. . . Namun dibalik Serbuan Produk Ninja Baru termasuk yang paling gress Yakni Ninja 250 RR Mono, , Kita tak boleh pula melupakan Sang Ninja Legendaris Pertama ini. . . Karena walau bagaimanapun, , , Ninja ZX900 ini merupakan sebuah langkah awal yang sangat Brilian dalam Industri Sportbike Dunia . . . Tak Hanya bagi Kawasaki sendiri loh Brosist, , Tapi bagi semua Pabrikan yang Bermain di Segmen Sportbike. . .
Oleh karena itu, Tak berlebihan rasanya bila EA’s Blog memberikan Tagline pada Ninja Pertama ini yaitu :
” Ninja GPZ900 R, The First Taste of Perfection ”
Okey, Sekian dulu yang bisa EA’s Blog Share dalam artikel Historical Bike ini. . . Semoga artikel ringan ini mampu menginspirasi kita semua untuk selalu menciptakan sesuatu yang Baru di Dunia Otomotif Tanah Air. . . Aminn. . . π
Jangan lupa , Nantikan Artikel Historical Bike selanjutnya di Hari ini & Sampaikan Pendapat, Komentar ataupun Request Artikel History di Kolom Komentar ya Brosist. . .
Semoga Bermanfaat…..
Special Historical Bike by EA’s Blog
ajib keren
http://aripitstop.wordpress.com/2014/02/19/yamaha-rilis-mio-125i-pakai-pelek-jari-jari-keren-bro/
Joss markotoss. . . π
nnek moyang empat cilinder sgaris trnyata..tp kok masa produksinya cm 2 tahun?
1987 Diganti versi terbaru kangbroo, , Ada perubahan signifikan di Body & Pernik lain. . .
Buyut e ninja dah keren gitu, pantes para ninja yg skrg juoss π
Ninja series juga salah satu pelopor superbike modern loh kangbro, , , Mantep yaa π
o…ini to
π π
mbahnya ninja
https://sarikurnia980.wordpress.com/2014/02/18/cukup-fair-tidak-indoprix-kelas-150cc/
Mbah Buyutnya kangbro… hhheee π
Mantap bgt ZX900nya… Cuma sayang di 1987 sudah discontinue.
Btul kangbro, , Tapi gantinya Ninja ZX900 juga ga kalah apik koq… π
motor yang dipake sama film top gun baca topgan!
http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/02/19/strategy-hot-moge-honda-opini-part-2-ancaman-cb650-series/
Hhheee, , , Ane malah belom liat kang… π
Yang penting Joss markotoss !
ajib. moge lagi . . .
jadi makin pgn punya moge dah. . . .
http://arrayprojects.wordpress.com/2014/03/21/james-toseland-pindah-haluan-jadi-musisi/
Ayo nabung trus bro…. π
masih kotak headlmpnya π
—————————————
Yamaha Yzf-R15 Sudah Siap Mengaspal !
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/03/24/spyshoot-yamaha-yzf-r15-di-channel-trans7/
inspirasi banyak motor setelahnya
Betull banget massbroo. . . π
wedyan water cooled pertamax? wedyan maneh,, ninja y 4 silinder π
unik ya kotaknya
dieranya bersaing dengan RG500, tapi top speed lebih tinggi RG500
top gun….!!!!!
Mantap Cuy?!