Honda CBR150R Tembus 21,76 HP, Part Aftermarket Jadi Andalan !

cbr150 main.jpeg

Iseng cuci mata di motorplus-online, , eh nemu berita yang oke punya lagi nih. . . Setelah kemarin kita bahas CBR250R Berpower 28,06 HP, , , Kali ini kita coba membahas adik kecilnya yakni CBR150R yang mampu tembus 21,7 HP diatas Mesin Dyno (Wedyann). . . .

Apa saja Part yang diracuni ke CBR150R ini ? ?
Yuk kita cek….. Here it is…

post cbr owner.jpeg

Honda CBR150R ini memang pada dasarnya sudah Kencang, , Mesin 150cc DOHC 4V plus karakter Overbore perlu diakui sangat menunjang bagi bikers yang doyan gaspoll. . . Tapi bagi yang namanya speedlovers sejati, , Tak ada alasan untuk tidak Mengupgrade power si Baby CBR ini. . . Begitupun dengan Muamar Kadafi, , Owner CBR150R 21,76 HP ini. . .

post blok srp cbr.jpeg

Part pertama yang diracuni ke CBR ini adalah Paket Blok 170cc Berlabel SRP dengan Bahan Ceramic . . . Selain Cylinder Blok, Piston yang digunakan pun kini Lebih besar yakni 67 mm (Standar 63,5 mm), , , Sementara stroke nya cukup eSTeDe aja Brosist. . . . Dikarenakan sering dipakai untuk pemakaian Harian dan Touring, , , maka Rasio Kompresi CBR Bore Up ini diatur ulang menjadi 11 : 1, , Agar masih nyaman minum Pertamax tentunya. . . . 😀

Rubahan part kedua sekaligus satu-satunya yang Non-Aftermarket ada di Noken As (Camshaft) . . . Noken As standar dilengserkan dan diganti Noken As Custom yang memiliki Durasi in 225 derajat dan Durasi ex 217 derajat. . . Dengan durasi ini, , , Klep in akan membuka 15 derajat sebelum TMA dan menutup 57 derajat setelah TMB. . . Sementara klep ex akan membuka 32 derajat sebelum TMB dan menutup 5 derajat setelah TMA. . . Semuanya seakan komplit setelah “Otak” nya si CBR ini diracuni oleh ECU aRacer tipe RC1 . . . . Josss !!

post cbr ecu.jpeg

Sebagai part penunjang lainnya, , Tercatat ada beberapa Part Aftermarket lain yang diaplikasikan ke CBR150R ini seperti Per Klep CLD, Koil Ultraspeed, Kampas Kopling WRX, Per Kopling CLD, Filter Udara Protec & Knalpot Akrapovic Slip-On . . .

post cbr full part.jpeg
post cld kop.jpeg
post cbr koil.jpeg
post cbr akra.jpeg

Terbukti saat Dynotest, , , Power standar CBR150R yang tadinya 16,12 HP @ 10.435 kini melonjak drastis hingga 21,76 HP @ 11.412 Rpm alias 5,64 HP (Edyan pisan hasilnya !). . . Sementara Torsi yang sebelumnya 11,85 N.m @ 8.945 Rpm kini makin beringas dengan 14,53 N.m @ 9.275 Rpm . . .

Sayangnya untuk harga Masing-masing part nya tidak dicantumkan dalam sumber. . . Eitss Tenang, , , EA’s Blog coba untuk memberikan harga masing-masing part tadi hasil searching di Google & Nanya Bengkel Pribadi. . .

Nah Berikut Data Harga* & Data Kenaikan Performanya :

Part :

Cylinder Blok Kit SRP 170cc : 2.000.000
Per Klep CLD : 150.000
Per Kopling CLD : 80.000
Koil Ultraspeed : 400.000
Kampas Kopling WRX : 200.000
Filter Protec : 200.000
Knalpot Akrapovic Ori S/O : 4.000.000
Camshaft Custom : Bervariasi, Tergantung Bengkel
ECU aRacer-Speedtek RC1 : 3.500.000

Power :
Standar : 16,12 HP @ 10.435 Rpm
Upgrade : 21,76 HP @ 11.412 Rpm

Torsi :
Standar : 11,83 N.m @ 8.945 Rpm
Upgrade : 14,53 N.m @ 9.275 Rpm

* Harga tidak bisa menjadi patokan..

Bagaimana Brosist ? ?
Tertarik ? ?

Blarrr Blarrr Wuzzzzzzzz….. 😀

Nah, Sekian tadi artikel Upgrade Performa CBR150R dari EA’s Blog. . . .
Always Update with EA’s Blog ya Brosist !
Semoga Bermanfaat….

Sumber : Motorplus-Online : Upgrade Honda CBR150R, Berhasil Naik 5,64 HP Jadi 21,76 HP, Bro…!

You’ve Just Updated By EA’s Blog

14 comments

  1. Kalo dihitung displacement jadi 166,3 cc juga, sama dengan displacement cb150r postingan torento, yg memakai bore 67mm milik cbr600rr, jika memang stroke milik cbr 150 yg udah diracik ini masih std, bisa jadi volume ruang bakar atau VCC menjadi 16,63cc (volume ruang bakar ketika piston berada di titik mati atas) lebih besar dibanding standar. Artinya masih ada potensi untuk menaikan power cbr150r ini dengan menaikan langkah piston (stroke) lebih panjang, sehingga torsi lebih besar, tentu displacement menjadi lebih besar lagi, untuk durasi valve in dan ex sudah cukup cermat, dan lobe separation lebih panjang dibanding camshaft std. utk valve in, ditutup 57derajat setelah BDC sudah dapat memaksimalkan ruang untuk memampatkan campuran udara dan bahan bakar, dan untuk ex terbuka di 32derajat sebelum BDC, dimana ketika proses ini untuk memaksimalkan pembuangan hasil pembakaran didalam engine, dan proses pembilasan engine lebih maksimal ketika overlapping, Ubahan exhaust system recommended sekali memakai akrapovic, saya sudah mencoba sendiri utk CBR150R dan CBR1000RR saya.

  2. Menurut pengalaman saya, untuk menaikan torsi atau momen puntir dari sebuah engine (dalam kasus ini, torsi dihitung dari mesin) juga bisa dilakukan dengan mengganti piston dengan stroke yang cukup besar, analoginya, jika kaki kita adalah piston dimana ada bore dan stroke (langkah kayuh) apabila semakin panjang kaki kita mengayuh pedal sepeda, makan akan didapatkan momen puntir yang besar (tidak sampai batas titik mati bawah untuk mengembalikan posisi pedal ke atas, setidaknya beberapa derajat sebelum titik mati bawah), tentu tetap daya ledakan dari hasil pembakaran dihasilkan dari besarnya bore pula, namun apabila jok dengan tinggi kaki kita (ibaratkan sebagai cylinder block) terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka kayuhan pun tidak akan maksimal, maka harus diatur sedemikian rupa tinggi joknya.ementara kaki tidak bisa mengayuh maksimal hingga ke titik mati bawah. Mohon maaf apabila jika ada kesalahan dalam informasi ini, karena saya mem-posting menurut pengalaman saya saja hehe.

  3. nyimak, kira2 dari skitar 44 km/l stelah ubahan masih di atas 30 km/l kn yah FC nya,
    klw udah 256 km/l sy kira kok uda mirip abang nya yg 250 FG nya CMIIW

  4. harga cbr150 + modif 10 Jt dapat power dan torsi segitu,?

    harga pulsar 200 Ns skrg 15 Juta + modif mesin 4 Juta bisa dapat power 30 Hp dan torsi 23 Nm,,,

    hmm :3

  5. Kurang dapet power nya,,di ig @tpsmotor Supra gtr 150 k56 tembus 25hp spec 57mm eccu racing yg lainnya standard semuanya knalpot pun standard…

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....