Yapp, Sangat mengejutkan ketika EA’s Blog membaca sebuah artikel di motorplus-online. . . Disitu disebutkan CBR250R dengan mesin standar pabrik + 2 Part Tambahan mampu memuntahkan output power 28,06 HP diatas Dynotest (Dynotest loh, Bukan Power Crank). . .
Apa aja sih yang dimodif ? ?
Yuk kita simak bersama-sama…. Cekibroot
Honda CBR250R ini ternyata memang punya potensi power yang cukup oke. . . Terbukti dengan Penambahan 2 Part saja si 250cc Single Silinder ini mampu mengukir 28,06 HP diatas dyno. . . Padahal Bore & Stroke Standar, Camshaft (Noken As) standar, Klep juga standar, Porting-Polish juga Nggak alias Masih eSTeDe pabrik. . .
Part/Bagian Pertama yang terkena Racun Racing adalah Knalpot . . . Knalpot standar CBR250R dilengserkan dan diganti knalpot Import buatan Spanyol Berlabel Yasuni . . .
Part/Bagian kedua sekaligus terakhir yang diracuni adalah ECU . . . ECU berlabel Megasquirt Techno yang bertipe Stand alone kini menjadi Otak si CBR250R ini. . . ECU yang aslinya untuk mobil 4 Silinder ini diakali dengan cara cukup di ambil satu jalur Silinder saja kemudian dikoneksikan ke Jalur Injeksi Motor, , Tutur Empunya…
Terbukti saat diajak Dyno, CBR250R yang standarnya tembus 22,33 HP @ 9.490 Rpm kini Terdongkrak hingga 28,06 HP @ 10.505 Rpm alias Naik 5,73 HP . . . Begitupun Torsi yang sebelumnya 20,14 N.m @ 7.071 Rpm Kini Naik Menjadi 20,84 N.m @ 8.088 Rpm alias terkoreksi Naik 0,7 N.m . . . Yang lebih nyoss, , , Pada raungan 10.301 Rpm, 2 Komponen ini mampu membuat selisih sekitar 7,6 HP loh (Edyan pisann). . .
Lalu berapa Harga kedua Part tersebut ? ?
Untuk Knalpot Yasuni berharga 4 Juta, , , Sementara ECU Megasquirt Techno berharga 8 Juta alias Totalnya 2 Part tadi seharga 12 Jutaan saja Brosist (Lumayan yaa 😀 ). . .
Sementara untuk yang ngeracik yakni YSSdon68 Shutterspeed Racing yang berlokasi di Komp. Prima Indah V No.1, Wijaya Kusuma, Jakarta Barat….
Gimana Brosist ? ? ? Tertarik ? ? ?
Data Performa :
Power Standar : 22,33 HP @ 9.490 Rpm
Power Upgrade : 28,06 HP @ 10.505 Rpm
Torsi Standar : 20,14 N.m @ 7.071 Rpm
Torsi Upgrade : 20,84 N.m @ 8.088 Rpm
Biaya :
Knalpot Yasuni : 4 Juta
ECU Megasquirt Techno : 8 Juta
Total : 12 Jutaan
Tetep Update terus bareng EA’s Blog ya Brosist . . .
Semoga Bermanfaat….
Sumber : Motorplus-Online : Upgrade Performa Honda CBR 250R, Bisa Naik 5,7 hp Tanpa Bore Up, Lho!
You’ve Just Updated By EA’s Blog
wieh..jos yo 😀 http://cicakkreatip.com/2014/02/12/sosok-becak-di-tanah-air-ternyata-bertrasformasi-mengikuti-perkembangan-zaman/
Josss begetee… 😀
ada efek sampingnya g, tentunya selain bikin dompet tipis?
Bagi yang sudah berkeluarga mungkin bisa dicemberutin istri…. 😛
Kalo dari mesin sih pastinya lebih awet dibandingkan yang bore up, porting & segala macemnya… Imho
Tapi ya namanya modifan pasti ga bakal seawet standard… Soalnya feelingnya jd pengen gaspoll teruss,,,, 😀
tertarik knalpotnya 😀 klo ecunya 4 juta mau jg sih xixixi 😀
ECU nya yang bikin rada ngiler kangbroo, , , sayangnya 8 Jutaan… 😀
klo 28 hp powernya,bisa ngimbangin kawasaki 250 rr mono yang mo keluar itu yg standarnya 28 hp.
CBR yang ini 28,06 HP On Wheel lho kangbroo, bukan lewat crankcase…
Kalau dihitung via Crankase mungkin bisa tembus 31 bHP… Imho 😀
Wow…aman nggak tuh?? 😀
Yang pasti jauh lebih aman dibanding bore up dll kangbroo…
Kalo mau lebih awet lagi ya standaran tingting…. 😀
kecil-kecil cabe rawit. mahal juga kayak cabe rawit utk part knalpot dan ECU 😀
Wakakakaa, Part kecil tapi harganya badakk. . . 😀
Kurang isi rumah…
Wakakakak 😀