Industri Motor Nasional, Artikel Spesial Bagi Bikers INDONESIA Sejati

Artikel Spesial Renungan & Berbagi Pendapat untuk Semua Kalangan Bikers Tanah Air

viar vix-r 200.jpeg
Viar Vix-R 200, Produk Lokal “rasa” Jepang

Bicara tentang Pasar Roda 2 Tanah Air pasti tak akan lepas dari yang namanya Pabrikan asal Jepang yang sangat….sangat…sangat..sangat Superior, , , Sebut Saja Honda, Yamaha, Kawasaki atau Suzuki. . . Bahkan sisa pasar yang sangat kecil pun kini berusaha dikuasai oleh Pabrikan asal Negeri Bollywood (India) dengan Produk Berkualitas harga Terjangkau layaknya TVS. . . Yang Jadi pertanyaan, , ,
Pabrikan Asli Indonesia (Motor Nasional) nya mana ? ? ?
Sebuah pertanyaan yang apabila kembali diingatkan Kepada Brosist para bikers Sejati pasti langsung mikir deh (Walaupun terkadang 5 menit kemudian pertanyaan tsb dilupakan…). . . . Sebuah pertanyaan sederhana namun Sangat Dilematis & Penuh Arti. . .
Apa yang terjadi pada Roda 2 Nasional Indonesia ? ?
Apakah hasil karya Anak Bangsa ini tak dapat diterima oleh saudaranya sendiri Sesama Orang Indonesia ? ? Atau ada Hal Lain ? ? ?

Nah, , , pertanyaan tersebut sangatlah mengganjal di relung hati EA’s Blog sejak dulu. . .

viar karya.jpeg
Viar Karya 200cc, , Ini Contoh Motor Nasional yang sangat Fungsional untuk Keperluan Pengusaha Kecil

EA’s Blog sendiri pun mengaku bukan Anak Bangsa yang Baik, , , Yang selalu berusaha sebisa mungkin menggunakan 100% Produk Indonesia (Dalam hal ini Roda 2). . . EA’s Blog juga merupakan bagian dari Pengguna & Konsumen Motor asal Jepang. . . Bukan karena Tak Suka Produk Dalam Negeri, , , Namun Memang pada Kenyataannya Produk Nasional belum ada yang Mampu memenuhi Selera & Keinginan Konsumen Indonesia disisi Spesifikasi ataupun Kualitas Produknya. . . Yang bisa EA’s Blog lakukan mungkin hanya mencoba mengkampanyekan “Ayo Bangkit Motor Nasional” lewat Artikel Sederhana ini. . .

hero hx250r.jpeg
Hero HX250R, Contoh Nyata Era Kebangkitan Pabrikan Lokal India

Akhir-akhir ini EA’s Blog sering melihat di Blog-Blog Senior, , Bermunculan Produk Brilian Asli India yang sedang Berjuang melawan Agresifnya para Pabrikan Roda 2 Jepang di Negeri Bollywood sana. . . Pabrikan Lokal India sampai harus berkolaborasi dengan Pabrikan Eropa untuk mendevelop Motor yang benar-benar Kompetitif, Brilian, Inovatif & Melampaui Produk karya Pabrikan Jepang (Perlu diacungi Jempol Nih ). . . Sementara Pabrikan Nasional Indonesia ? ? ?
Yang lebih membuat miris, Sangat…sangat..sangat Jarang sekali yang membuat Artikel yang berisi seperti ini diantara sekian banyak Blogger Otomotif Senior, Junior hingga blogger kere yakni EA’s Blog. . .

kanzen taurus ultima.jpeg
Kanzen Taurus Ultima, Motor Nasional yang Layu sebelum Berkembang

Apa mungkin sudah lelah karena Kondisi Motor Nasional Dalam Negeri yang sudah terlanjur Carut-Marut ? ? ?

Atau ada hal lainnya ? ? ? Entahlah….

Nah, , Apa Sebenarnya yang menyebabkan Pabrikan Motor Nasional Layu Sebelum Berkembang ? ? ?

Berikut beberapa Indikasi Jawabannya dan Pengembangannya. . .

– Kualitas Motor Nasional Di Bawah Standar Motor Jepang (Pendapat yang dipilih EA’s Blog),

– Motor Nasional Tak Bisa Mengikuti Selera Konsumen Indonesia (Pendapat yang dipilih EA’s Blog),

– Motor Nasional Tak Berani Membuat Produk yang Head2Head dengan Pabrikan Jepang & India ,

– Motor Nasional TIDAK Mendapat Support dari Pemerintah ,

– Motor Nasional TIDAK Mampu Menggeser Mindset Para Konsumen Yang Sudah Terlanjur Melihat Sebelah Mata Pada Produknya

– Motor Nasional Hanya mampu Mengkloning Produk Jepang atau Pabrikan Lainnya,

– Motor Nasional Tak Memiliki Modal Sebesar Pabrikan Jepang ,

– Motor Nasional Sudah Terlanjur Tenggelam dibalik Superiornya Pabrikan Jepang ,

– Apa Ada “Sesuatu” Dibalik Industri Roda 2 Tanah Air ?

– Benarkah Indonesia Harus Menuruti Segala Principal Jepang Karena Indonesia Mempunyai Banyak Hutang Pada Negara Tsb ?

– Atau Brosist Memiliki Jawaban ataupun Pendapat Lain ?

Nah bagi yang sudah paham Maksud dan Arti Pertanyaannya sekaligus Memiliki Pendapat tentang Jawabannya, , , Monggo Dishare Dikolom Komentar, , , Semoga saja melalui Artikel Kecil dari Orang Kecil ini Industri Motor Indonesia akan kembali Terbangun dari Tidurnya untuk Kembali Memanaskan dan Bertarung Sehat Melawan Para Pabrikan Jepang, India ataupun Cina. . . AMINNN

Silahkan Diisi Kolom Komentarnya ya Brosist. . . .

Special By EA’s Blog

41 comments

  1. Indonesia bisa ko’ sebenarnya, cntoh dulu mobil timor. Mobnas karya smk juga patut di acungi jempol. Cuman pemerintahnya aja yang kurang mendukung.

  2. sbnrnya kanzen lebih mutakhir dan out of the box dari bebek trail sampe motor dgn dua bahan bakar sekaligus pake bbg elpiji 3kg dan bensin tinggal pilih mo pake bahan bakar yg mana tapi sayang kelebihannya kurang terekspose dan minim promonya.

  3. Sumber dayanya ada, liat aja motor2 pabrikan jepang juga dah banyak yg part lokalnya sampai 85%. Tapi ya itu, kurangnya keberanian, inovasi, dukungan, dll jadi masalahnya…
    Miris… 😦

  4. Atau mungkin motor nasional perlu menggandeng brand ternama dulu ya?,kayak hero(india) yg dulu menggandeng honda. . .

    • Yupp benar kang, , , Tapi kalu bisa sih langsung pabrikan europe semacam Mercedez, BMW, Buell atau Ducati sekalian 😀 ….
      Kalau jepang2 juga sih rada ga yakin hasilnya…

  5. Yo’i, mungkin ada orang Indonesia yg bisa mengembangkan desmodromic dimesin kecil(150 atau 250cc) buat harian kan bagus tuh..

    • Ane yakin seyakin-yakinnya pasti ada kangbroo… Tapi begitu ada langsung dipendam potensinya sama Pemerintah Indonesia itu Sendiri…. Ckckck
      Padahal teknologi desmodromic 200cc single-cyl mantep banget tuh…

  6. kalo masalah SDM kayaknya di kita juga jago2 gan bikin part sepeda motor / mobil mah,,tinggal support pemerintah aja keknya,,mana nih pemerintah indonesia moga aja baca tulisan agan,,

    • Iya kangbroo,,, ane sangat2 setuju sama pendapat kangbroo… Sudah saatnya kita mulai bangkit u/ bikin motor yang menjangkau semua kalangan, material kualitas tinggi ala sumber daya indonesia n’ yang pastinya hasil karya darah daging bangsa ini sendiri….
      Aminn, , , semoga aja para pemerintah segera sadar betapa pentingnya roda2 & transport umum di negara ini….

  7. Miris ya, di negara kita hampir 90% kendaraan roda 2 buatan jepang. Sementara… Kendaraan buatan negeri sendiri seperti kanzen kini menghilang… Dan saya jarang sekali melihat produknya. Sampai kapan kita begini? Padahal sdm ada, besi berlimpah, lulusan smk banyak, kenapa kita tak bisa seperti india dengan hero motorcycles-nya, atau yang dekat saja deh, malaysia dengan modenasnya?

    • Miris bgt kang, , , Padahal SDM & SDA Tanah Air ga diragukan lagi….
      Tapi malah yang berkreatifitas & inovasi tinggi malah terkekang oleh aturan bullshit ala pemerintah…. Ckckck

  8. Nah itu. . .semoga aja nanti ada pemimpin amanah buat Indonesia yg ndak mau disetir kepentingan golongan tertentu, (mumpung tahunnya pemilu) 😀

    • Ane juga ngerasa gitu kang, , , Makanya ane coba buat artikel sederhana ini. . .
      Monggo kangbro, , , Saya lebih seneng kalau ada blogger lain yang inspiratif dan “menyentil” telinga para pemerintah tentang motor nasional….

  9. kurang dukungan dari pemerintah,contoh sedikit,klo memang pemerintah mendukung motor/mobil nasional,seharusnya regulasi tentang pengadaanya di permudah,uji tipe,uji layak jln dsb,
    dan pemerintah harus mewajibkan instansi berplat merah menggunakan produk nasional sebagai kendaraan operasional nya,bisa di bayangkan,brp ribu unit di seluruh indonesia jika ini bisa terealisasikan,sedikit banyak ini juga bisa buat mensosialisasikan produk nasional pada masyarakat.
    klo sekarang msh kebalikan nya,mobnas smk perijinannya terkesan dipersulit,gak lulus uji emisi lah,uji inilah. seharusnya ini bisa di permudah jika pemerintah mendukung,justru yg harus di perketat adalah brand luar,ini mlh pemerintah mendukung adanya mobil lcgc,yg kita tau sapa aja pemain di dalamnya,ini juga bebarengan dg isu mobil smk,secara tidak lngsung ingin mematikan mobil smk
    #miris

  10. Ups ….. walau Merdeka Kita masih Di Jajah Bro. solusinya bukan adu bikin pabrikan Motor. kalau bikin pabrikan motor itu namanya kita dibikin jadi budak bro. mending jadi Majikan Bro. contoh kita merdeka tapi masih dijajah sama saja seperti kita bisa bikin motor tapi untung diambil pihak asing. waktunya…. REVOLUSI .MERDEKA

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....