New Tiger FI 2014, Haruslah Memiliki Karakter Khas Indonesia Sejati

tgr1.jpeg

Penghujung Januari 2014, AHM baru saja merilis New MegaPro FI yang merupakan adik sedarah dari Sang Legendaris Honda Tiger…. Lalu kapankah Honda Tiger akan segera Rilis ? Akankah Tampang dan Rupanya se-aliran dengan New MegaPro FI yang terkesan Biasa-biasa saja ? Well, Langsung saja Kita bahas pelan-pelan…

Desain & Spesifikasi New Tiger memang selalu jadi perdebatan, Banyak yang berharap Tiger harus Segera Naik kelas ke 250cc dengan Spek Desain, Frame & Engine identik dengan CBR250 yang karakternya Torqi Abisss…. Tapi tak sedikit juga yang menganggap Sang Legend haruslah berada tetap di Jalurnya yakni sebagai GL-R series atau tetap menggunakan Basic Desain & Frame Tiger Lawas, Tapi ditambahkan mesin GL 200cc Jenis Baru yang lebih Fresh & Uptodate bagi para Fans nya….

lampu cbf.jpeg

Dari kabar beberapa hari lalu yang diterima EA’s Blog,,, Ternyata Sang Legend digossipkan akan menggunakan basis mesin 223cc Milik Honda CB223 yang berbasis di Jepang sana… Mengulas sedikit tentang CB223, Motor ini adalah Varian Retro-Klassik-Modern yang berposisi layaknya Estrella milik Kawasaki… CB223 Memiliki Spek Mesin 4-Tak, Air-Cooled, SOHC, Dengan Bore x Stroke = 76 x 55 mm… Max Output power ada di 16 HP dan Torsi di 18 N.m (Wihh karakternya Torqi Brosist, Cucoo buat yang demen Touring… Padahal Overbore loh Mesinnya, Bisa dioptimalin sampe Max 19,5 HP tuh)… Untuk desain, Tiger harusnya bisa berada dalam garis klan CBF Twister/Hornet/Tourer layaknya CB300F Twister ataupun CB600 Hornet,,, Bukan berada dalam klan CBF Murni layaknya CB500F ataupun CB150R… Sesuai dengan karakternya yang merupakan motor Tourer-Streetfighter Sejati…

cb223.jpeg
hornet.jpeg

Nah,, Dengan demikian maka Prediksi EA’s Blog akan segera mendapat titik terang… Bahwa Honda Tiger & Honda CB250F haruslah dua Produk yang berbeda dan berasal dari klan ataupun genre yang berbeda pula ,,, Karena bagaimanapun Tiger haruslah menjadi ikon bagi Sport AHM… Oleh karena itu Lekukan Desain mutlak harus mengikuti keinginan dan Selera para Pencintanya,, Sementara spek Mesin tinggal disesuaikan dengan karakter yang dibutuhkan untuk Touring & Perkotaan yakni Torsi yang mumpuni dan Power output yang berada di Low-Mid RPM… Yang tak kalah penting,,, Tiger FI haruslah memiliki Banderol harga yang sesuai di kantong Masyarakat Indonesia (Gak lucu kan, Kalau Next Tiger FI yang dilaunching pakai Mesin & Frame CBR250 tapi harganya 48jt… Apakah itu yang disebut Kantong Orang Indonesia di Kelas Sport ?? ) Strategi Pricing seharusnya tetap berada dibawah 30Juta (26-29Juta) Sementara CB250F 35-38 Juta… Nahh, Maknyoss kan jadinyaa ?? Si Legend bakal duet bersama adiknya si CBR150R Lokal direntang harga yang tak terlampau jauh….

cbf.jpeg

Bagaimana Brosist para Pencinta si Legend Honda Tiger ?? Merasa klop apabila Mesin yang digunakan Tiger menjadi 230cc + Harga 25-29Juta ??? Lantas apakah tertarik Menunggu si Macan Reborn ??

Nah, Demikian tadi sedikit info yang bisa EA’s Blog bagikan…
Jangan lupa tinggalkan Saran, Kritik & Pendapat Brosist di kolom Komentar ya…
Keep Updated With EA’s Blog ya Brosist !!!
Semoga Bermanfaat…..

You’ve Just Updated By EA’s Blog

17 comments

      • Next tiger selayaknya berbasis mesin CRF 250, layaknya New Mega Pro Fi yang berbasis mesin CRF 150. Jadi harga masih bisa antara 26 – 28 jt. Untuk versi naked 250 cc ini basis mesin cocok CBR 250 tapi dilokalkan mengingat kawasaki dan yamaha juga buatan lokal untuk naked 250 cc harga bisa mengacu kompetitor (33 – 35 jt).

    • Sebenernya kalo masbronya ngeh, Itu cc nya CB223 kalo dihitung displacementnya jadi 250cc…. Mungkin buat bikin taste baru & differensiasi besar antara pure sport 150-250cc…

      • hah, diferesnsiasinya antara 223cc dengan 250cc kan jauh sekali, tak menutup kemungkinan ada varian 250cc, karena pernah tanya seorang kenalan yang bekerja di ahass yang bilang tiger naik jadi 250cc…

        *benar/tidak hanya menunggu waktu

      • Bore x Stroke CB223 kalau dihitung2 ya tembus 250cc juga kangmass….

        Masalah Differensiasi sih disesuaikan ahm saja,,, saya pribadi kepengenya sih tiger masih dikasta 25-28 jutaan saja, sesuai sama kantong Indonesia… jadi sepertinya memang harus ada gap antara CB250F & Tiger itu sendiri… Imho loh kangmass

  1. Kalo Tiger harus berkarakter “INDONESIA SEJATI” kemungkinan besar tiger GAK BISA jadi produk global….
    Cz style design & dimensi standart indonesia BERBEDA dg selera global…

    • Yupp betul sekali kangbro, Selera Indonesia memang berbeda jauh dengan Asia Timur, Eropa atau US…. Tiger kan memang indonesian oriented kang, Jadi ya wajar sekali kalau dibuat sesuai karakter & selera orang indo…

      Memangnya ada yang jual tiger revo di eropa, US atau negara lain ya kangbro ??

  2. yaaaa kalo mau harga 26~28 jt-an mah model ama isinya sama yang sekarang
    macan 2013 aja uda 26++.
    ganti stiker aja nambah 300 ribeng
    ono rego ono rupo

  3. Jujur ane memang tunggu mbah tiger ini bro, kalaupun ntar mengecewakan ya msh ada scorpio (r25 naked) atau kawasaki mono (naked) juga..jd harusnya ahm ndak setengah2 kali ini, ya gak? 😀

    • Yupp betul sekali,,, Karena ini memang Produk Sport Orisinil nya AHM…. Jadi setidaknya wajar kalau kita menunggu Gerak agresif AHM…. Kalau ternyata mengecewakan, Ya tinggal boyong N250SL Naked atau R25 naked… Kan kita juga diuntungkan karena semakin banyak pilihan…. 😀

    • Yupp betul sekali,,, Karena ini memang Produk Sport Orisinil nya AHM…. Jadi setidaknya wajar kalau kita menunggu Gerak agresif AHM…. Kalau ternyata mengecewakan, Ya tinggal boyong CB250F, N250SL Naked, atau R25 naked… Kan kita juga diuntungkan karena semakin banyak pilihan…. 😀

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....