Setelah 27 Januari kemarin duo Pabrikan asal Negeri Sakura Honda & Suzuki telah mengenalkan Produk Street Fighter Barunya Ke Pasar Indonesia dan India. Maka kini tiba saatnya kita menunggu Produk Streetfighter Macho dari Yamaha yakni Yamaha FZ15 atau yang lebih tenar di Indonesia dengan Nama Yamaha Byson untuk Diupdate. Apa saja sih yang perlu dirubah dari si Kebo macho ini untuk Produk Next Byson ??? Yuk kita bahas bersama-sama…..
Seperti diketahui Honda baru Saja melaunching Produk terbarunya di segment Sport Entry Level yang berkarakter Streetfighter yaitu New MegaPro PGM-FI. Sementara itu di Bagian dunia lain Suzuki India juga baru saja memperkenalkan Produk Streetfighter Terbaru mereka yang Benar-benar Fresh dan Diprediksi kuat akan diboyong juga ke Indonesia, Yakni Suzuki Gixxer 150… Sementara Yamaha dengan Produk Byson nya Masih berkutat dengan Desain lama yang hanya berubah-ubah Warna & Stripping saja. EA’s Blog pikir, Saat ini memang sudah waktunya si Byson Macho mendapat refreshment ataupun Update dari Versi Sekarang.
Titik Perubahan dan Refreshmentnya Cukup Sederhana kok, Dan bisa dibilang memang agar si Byson ini terlihat makin Fresh dan Makin berada 1 Step di depan Kompetitornya. Nih dia yang perlu diupdate dari si Kebo Ganteng ini :
1. Sistem Penyuplai BBM Fuel Injection
Bagian ini yang harus mendapat Update dari Yamaha. Saat Kompetitor terbesarnya sudah mendapatkan Update FI, Maka Byson tak boleh bergerak lambat. Penyuplai BBM yang sebelumnya Karburator BS26 Harus segera mendapat Suntikkan Injeksi layaknya Saudaranya New Vixion Lightning.
2. Cakram Belakang (RDB)
Ini juga bagian yang sedikit mengganggu keindahan lekuk otot dari Yamaha Byson, Yakni Rem Belakang Byson Masih Tromol ! Ini yang sering digadang-gadang kelemahan Byson dibanding Kompetitor…. Setidaknya Yamaha bisa mengubahnya ke RDB dengan menggunakan Part yang Identik dengan New Vixion atau Jupiter MX yang terlebih dahulu mendapat Part ini (Menghemat Cost). Sisi Tampilan bertambah keren, Si Keamanan pun Bertambah Baik…..
3. Penambahan Output Power
Hal ini juga semestinya harus direvisi YIMM, Mengingat Yamaha Byson menggunakan Velg dan Tapak ban yang Lebih “Macho” atau Lebar dibanding Kompetitor. Sebagai Penyeimbang hal ini, Dengan suntikan FI seperti disebutkan diatas + Sedikit kenaikan Rasio Kompresi maka Power Byson haruslah berada di angka 14 Horsepower (14,3 PS) dan Torsi 14 N.m (Versi Sekarang Power : 13,7 PS & Torsi : 13,6 N.m)… Dengan begini maka Byson sudah Tidak Layak lagi disebut ” Impoten ” oleh Kompetitornya. 😀
Selain beberapa aspek diatas, Ada juga beberapa Hal Penting Lain yang harus diperhatikan Yamaha (YIMM) yaitu :
1. Desain Harus Dipertahankan
Mengingat desain Byson adalah yang Tergagah dan Termacho diantara Streetfighter yang beredar di Indonesia, Maka Point Penting ini haruslah Dipertahankan. Garis Lekukan Desain yang Berotot dan Gagah + Velg dan Ban Lebar yang Kekar adalah sesuatu yang Sangat “Menjual” dari Streetfighter ini.
2. Pricing Strategy
Harga Byson saat ini menyentuh angka 21,2 Juta Rupiah, Sementara Kompetitor Barunya NMP FI dibanderol 20,45 Juta Rupiah. Angka tersebut hanya terpaut sekitar 1,5 juta saja dari Varian Sport-Commuter yang beredar di Indonesia, Termasuk saudaranya sendiri New Vixion Lightning. Jika ingin diposisikan sebagai pembunuh dan penjegal Kompetitor, Maka dengan update yang telah disebutkan tadi Harga Byson haruslah berada diantara range Harga 20-21 Juta Rupiah. Karena jika harganya semakin naik, Bukan tidak mungkin Byson akan bersaing dengan Saudaranya Sendiri ataupun Kompetitor Lain yang Spesifikasinya Jauh berada diatas Yamaha Byson.
3. Kuatkan Image Duet Byson & NVL sebagai Trendsetter Sport Ganteng.
Nah setelah membahas Pricing Strategy tadi, Langkah selanjutnya adalah lebih memperluas Knowledge Massa terhadap Produk ini. Karena EA’s Blog Pikir Yamaha Byson kurang mendapat apresiasi jika dibandingkan dengan NVL. Apa salahnya dibuatkan TV Commercial tentang Yamaha Byson & Yamaha NVL sebagai Trendsetter Streetfighter Macho & Sport Keren nan Ganteng… Kan kerennnn !
Nah, Dengan Tambahan Update Part dan Hal Penting tadi. EA’s Blog Yakin deh Byson akan semakin Jauh meninggalkan Streetfighter dari kompetitor Terbesarnya yang juga bermain di kelas Sama . Bahkan sekalipun nantinya Suzuki memboyong Gixxer ke Indonesia, EA’s Blog Pikir Yamaha Byson sangat mampu berkompetisi dan Akhirnya “Menanduk” si Gagah dari India ini dengan Tanduk Khas Spesies Hewan Byson… Hhheee 😀
Jika Difikir-fikir, Diraba-raba & Diterawang. Maka EA’s Blog fikir Byson FI memang akan segera meluncur untuk para Konsumen Indonesia. Loh kok bisa ?
Coba Brosist Lihat deh, Dalam jajaran produk Yang mengalami refrehment Warna & Stripping ala 7 Wonders ala YIMM, Yamaha Byson tidak termasuk dalam Jajaran Line-Up nya lho …. Bisa jadi memang YIMM telah mempersiapkan Update dari Yamaha Byson FI memang dipersiapkan untuk segera diproduksi dan dilempar ke Pasar Tanah Air selain Yamaha GT 125, YZF R15 & R25…. Sinyalemennya kuat kok, Setidaknya dalam kurun waktu 2014 ini…
Nah, Demikian tadi yang bisa EA’s Blog Berikan… Mengingat EA saat ini sedang dalam kondisi Tidak Sehat maka EA minta do’a nya ya Brosist … Supaya cepat diberikan kesembuhan dan bisa memberikan Tips, Opini & Informasi yang semoga bisa berguna bagi Brosist sekalian.
Oke, Sampai bertemu lagi di Artikel terbaru selanjutnya…
Jangan Lupa jika ada Saran, Kritik, Komentar atau Ada Request Tema & Topik Artikel, Monggo dipersilahkan diisikan Ke Kolom Komentar….
Tetap selalu update bersama EA’s Blog ya Brosist yang Ganteng & Cantik…
Semoga bermanfaat……
You’ve Just Updated By EA’s Blog
pertamax!!! ym-jet fi kyaknya cuma buat matic yamaha masbro … 😀
http://campurtumpah.wordpress.com/2014/01/29/lagi-korban-akibat-pemakaian-ban-cacing/#comment-745
Lah berarti Vixion bukan YM-Jet juga dong ??? Coba saya kroscek lagi deh masbroo….
ymjet fi itu punya matic yamaha
Berarti bebeknya boong dong pake YMjet… Hhhiiii 😀
Siap dieditt…
ditunggu sj thn ini nongol katanya
http://aripitstop.wordpress.com/2014/01/29/listrik-mati-karena-banjir-tenang-yamaha-kasih-generator/
wih patut ditunggu neh…
http://belalangmerah.wordpress.com/2014/01/29/di-kota-manila-filipina-pengendara-sepeda-motor-tidak-boleh-berboncengan/
Betull sekalii mass,,, Si Macho Reborn….
YMJet-FI khusus matik nya sih setahuku.
Nekad,bikin celaka – http://wp.me/p208su-1Gv
Sipp mas, sudah direvisi…
Tengkyu masbroo….
gambar bysonnya kerennn..:D
http://hulssay.com/2014/01/30/sambut-hari-imlek-dengan-cheongsam-seru-2/
Byson Hewan apa Byson Motor nih ??? Xixixi 😀
kalau tenaga rasanya susah bro ..kalau meningkat gak lebih dari 1 dk 😀
http://rpmsuper.wordpress.com/2014/01/30/siapkan-nyalimu-saat-riding-keadaan-hujan/
Ya bro betull…
Dari spek bore x stroke emang ribett bgt,, Mesti colek derajat camshaft dulu tuh buat bikin naik 2-3 DK… Makanya ane bikin di artikel cuma 14,3 ps (14dk),, Kalo naek 0,6 dk doang masa insinyur yamaha yang pinter2 pada ga bisa,, ya nggak bro… Kan jadi makin sangar image nya…
mantabs…langsung ambil kreditan ah
Langsung DP…. :d
klo udh injeksi catalicnya psti ilang,,
pastinya model knalpotnya juga berubah… Hehehe