New Honda MegaPro PGM-FI 2014, Hanya Sekedar Pelengkap !

mp1.jpeg

Pada tanggal 27 Januari 2014 kemarin AHM baru saja merilis varian baru keduanya di Tahun Ini… Yaaakk ! New MegaPro PGM-FI adalah produk yang mendapat jatah berikutnya di Bulan Januari tahun 2014 ini setelah sebelumnya AHM Merilis Revo PGM-FI. Apa saja Perbedaannya ? Dan apa pendapat EA’s Blog tentang hadirnya Motor Sport 150cc ini ? Yuk Kita Bahas seksama….. Here we goooo !!

mp4.jpeg
mp5.jpeg
mp6.jpeg

New MegaPro FI (Baca:NMP FI) adalah Versi update dari Varian sebelumnya yakni New MegaPro Karbu (Baca:NMP Karbu). Ditilik dan diterawang dari sektor tampilan, NMP FI mendapat ” sedikit ” sentuhan baru… Perbedaan mencolok terlihat pada bagian shroud yang kini berukuran lebih kecil Namun semakin Compact & Menarik Serta Footstep Boncenger yang kini mengadopsi model gantung atau di las ke rangka… Perbedaan selanjutnya terlihat di bagian Muffler/Knalpot, Penutup Body Tengah, Spakbor Depan, Wadah Minyak Rem Belakang yang kini Berada di Luar (Sebelumnya tersembunyi di balik body) & Penambahan Spakbor Kolong Belakang yang berukuran mini…. Sementara bagian body lainnya,, Masih 11-12 dengan NMP Karbu.

mp2.jpeg
mp3.jpeg
mp9.jpeg

Di sektor Mesin, Perbedaan tentunya ada di sistem Penyuplai BBM yang kini menggunakan PGM-FI dan Hasil klaim AHM,, Motor ini sudah EURO 3 & mampu menempuh jarak 46,2 Km untuk 1 Liter Bensinnya … Selain itu nyaris tak ada perubahan berarti di sektor ini… Tampaknya Honda masih mempercayakan engine murni NMP Karbu lawas untuk disematkan di Motor ini…. Lalu bagaimana dengan Harganya ? Motor ini dibanderol dengan harga Rp. 20,45 Juta aja Brosistt (Versi CW OTR Jakarta) , Atau naik sekitar Rp. 300 ribu dari NMP Karbu Lawas.. Namun kini NMP FI tanpa disertai Versi Spoke Wheel (SW) atau Jari-jari ya Brosist ! Alias hanya ada Versi Cast Wheelnya saja … NMP FI hadir dalam 4 Pilihan warna yakni Active White, renegade Red, Brave Black, dan Brace Blue.

mp7.jpeg
mp10.jpeg
mp11.jpeg

Lalu bagaimana Pendapat EA’s Blog ?
EA’s Blog sih menganggap NMP FI hanya sebagai pelengkap segment Sport Honda Saja,, Dimana Peluru utamanya tetap CB150R Streetfire & Verza 150.. Dengan tampang kalem dan fitur lengkap,, Tentu sasaran utama NMP FI adalah Pria berumur atau sudah berkeluarga (Baca : Bapak-Bapak)… Nah, Dengan sasaran pasar tadi,, Tak heran target AHM kepada NMP FI hanya 5.000 Unit Perbulan (Bandingkan dengan CB & Verza yang hampir 15.000 Unit Sebulan)…

Last, Revisi PGM-FI oleh AHM sepertinya sangat tepat mengingat kompetitor masih berkutat dengan Karburator dan Fitur yang masih kalah dibanding NMP… Kalau berbicara Soal desain sih, EA’s Blog rasa hanya Biasa-biasa saja seperti Desain AHM pada varian Sport Umumnya.. Namun dengan perubahan kecil di sektor Body depan,, Membuat NMP FI terlihat sedikit lebih baik di sisi desain dibanding NMP Karbu lawas namun Tetap Tidak lebih baik dibanding Kompetitornya (Apalagi calon lawannya nanti, Suzuki Gixxer 150 India)… Bagaimana menurut anda Brosist ??

Sebagai Tambahan, Berikut EA’s Blog Berikan Spesifikasi berikut pilihan warnanya yang diambil langsung dari Web Honda

SPESIFIKASI :

Tipe mesin : SOHC, 4 Langkah, 5 Kecepatan

Volume langkah (cm3) : 149,5 cc

Sistem pendinginan : Pendinginan udara

Sistem suplai bahan bakar : Injeksi/PGM-FI (Programmed Fuel Injection)

Diameter x langkah (mm) : 57,3 x 57,84

Tipe Transmisi : 5 Kecepatan

Rasio kompresi : 9,5 : 1

Daya maksimum : 9,8 kW (13,3 PS)/8.500 rpm

Torsi maksimum : 12,3 Nm (1,25 kgf.m)/6.000 rpm

Pola pengoperan gigi : 1-N-2-3-4-5

Tipe Starter : Starter Kaki & Starter Elektrik

Tipe Kopling : Manual, Multiplate Wet Clutch With Coil Spring

Kapasitas minyak pelumas : 1,0 Liter pada penggantian periodik

Tipe Baterai/Aki : 12 V – ,5 Ah

Tipe pengapian : Full Transisterized

Tipe Busi : NGK CPR9EA-9

Panjang x lebar x tinggi : 2.052 x 742 x 1.079 mm

Jarak sumbu roda : 1.316 mm

Jarak terendah ke tanah : 156 mm

Berat kosong : 135,5 kg

Kapasitas tangki bahan bakar : 12,3 Liter

Ketinggian Tempat Duduk : 774 mm

Radius Putar Minimum : 1900 mm

Tipe rangka : Pola Berlian

Tipe suspensi depan : Teleskopik

Tipe suspensi belakang : Tunggal (dapat di setel keras dan lembut)

Ukuran ban depan : 80/100 – 17 M/C 46P

Ukuran ban belakang :100/90 – 17 M/C 55P

Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston ganda

Rem belakang : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal

PILIHAN WARNA :

megapro-fi-renegade-red.jpeg
megapro-fi-active-white.jpeg
megapro-fi-brace-blue.jpeg
megapro-fi-brave-black.jpeg

Oke sekian dulu informasi yang bisa EA’s Blog berikan,, Silahkan Brosist tambahkan Saran, Kritik & Masukkan pada kolom komentar dibawah

Stay Updated with EA’s Blog ya Brosist…
Semoga Bermanfaat….

You’ve Just Updated By EA’s Blog

4 comments

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....