Era Motor sport 2-Tak memang sudah lama berlalu, Namun ternyata hingga kini masih ada lho Produk 2-Tak yang masih dijual bahkan masih diproduksi. Yaa benar! Hanya si Motor Kentjang Ninja 150 Series lah yang mampu bertahan di derasnya arus modernisasi ini. Hentakan Torsinya, Gemerincing Knalpotnya, Tampangnya yang kini Makin Rupawan serta Performanya yang Yahud dibanding Motor 4-Tak lainnya mampu membius Para Fanatik Speedlovers hingga masa kini. Namun, Sejak dulu ternyata banyak loh yang lebih OK dari Ninja 150 Series, Bahkan bisa dibilang Ninja 150 yang sekarang ga ada apa-apanya dibanding Motor yang segera kita bahas. Apa saja itu ? Yuk Mari Diurut-urut *ehh Dirunut satu persatu…
1. Yamaha TZM 150
Motor ini layak disebut sebagai Motor Eksotis di jamannya. Lihat saja lekukan Body nya yang aduhai, Headlamp Mungil nan Imut-imut & Desain Keseluruhannya yang terlihat Eksotis. Eitss, Tapi jangan salah, Dibalik motor yang bertampang manis ini ternyata mengandung unsur garang yang serem lho Brosist… Lihat saja pada performanya, Dijamin bikin jantung berdebar loh. Motor 2-Tak yang pernah masuk Indonesia secara CBU ini, Menggendong mesin 2-Tak Liquid-Cooled Berkapasitas 150cc ditambah system YPVS (Yamaha Power Valve System) Mampu memuntahkan Output Power hingga 36 PS ! (Gendeng pisann).
Berikut Sedikit Info Spesifikasinya :
Model : TZM 150
Engine : 2 Tak, Single Cylinder, Liquid Cooled, YPVS System
Kapasitas Silinder : 147 cc
Bore & Stroke : 59 X 54 mm
Max Power : 35,3 HP @ 10.500 Rpm
Max Torque : 25 N.m @ 9,500 Rpm
Starter Sytem : Electric
Lubrication System : Wet Sump
Transmissi : 6 Speed Chain Driven
Panjang : 1,965mm
Lebar : 685mm
Tinggi : 1,100mm
Jarak Sumbu Roda : 1,330 mm
Tinggi Jok : 765mm
Berat Kosong : 119kg
Suspensi Depan : Telescopic,Coil spring, Oil damped
Suspensi Belakang : Swingarm, Coil spring, Oil Damped
Rem Depan : Disc
Rem Belakang : Disc
Ban Depan : 90/80 -17 46S
Ban Belakang : 110/80 – 17 57S
Pengapian : Electronic CDI
Kapasitas Tangki BBM : 13 Liter
2. Suzuki RG150 II (RGV Gamma)
Motor ini memang gaungnya lebih kecil dibanding kontestan pertama tadi. Masyarakat Indonesia mungkin hanya mengenal RGR150 yang merupakan versi awal dari motor ini. Motor ini diciptakan dengan garis keturunan layaknya RGV250 Gamma, Oleh karena itu performa RG150 II ini performanya sangat timpang bila dibandingkan RGR150. Tengok saja Mesinnya, Walaupun masih 2-Tak 150cc namun kini telah menggunakan Liquid Cooled & Suzuki AETC System (Automatic Exhaust Timing Control System) yang mampu mendongkrak tenaga kuda pacu Suzuki 150cc ini. Terbukti, Output Tenaganya menjulang tinggi hingga 37 HP dan Torsi 25 N.m (Wuihh, Bisa Jengkang-jengkang nih setiap narik gaspoll). Namun sayangnya Suzuki tidak memasarkan produk ini ke Tanah Air, Mengingat kala itu Krisis Moneter sedang melanda Indonesia. Tetapi menurut Pengamatan EA’s Blog, Ternyata ada pengimpor yang memboyong Motor ini ke Indonesia, Walaupun jumlahnya tak sebanyak TZM/NSR namun Produk RG150 II Gamma ini tetap maknyuss pisann….!
Berikut tambahan spesifikasinya :
Model : RG150 II Gamma
Engine : 2-Tak, Liquid Cooled, Single Cylinder, Suzuki AETC System
Kapasitas Silinder : 148 cc
Bore x Stroke : 61 x 50.6 mm
Rasio Kompresi : 6.8 : 1
Penyuplai BBM : Mikuni TM28 SlingShot
Pengapian : CDI
Max Power : 37 HP @ 10800 Rpm
Max Torque : 25 N.m @ 10000 Rpm
Sistem Lubrikasi : Tipe Basah
Kopling : Manual, Tipe Basah Majemuk
Transmisi : 6 Speed
Starter system : Kick Starter
Sasis : (SRFB) Suzuki Racing Frame Box
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Banana Swing Arm, Single shock
Rake / Trail:25 degrees / 94 mm (3.7 inches)
Ban Depan : 90/90 – 17
Ban Belakang : 110/90 – 17
Rem Depan : Single 290 mm Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston
Rem Belakang : Single 210 mm Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Piston
Panjang : 2,005 m
Lebar : 0,660 m
Tinggi :1,140 m
Tinggi Jok : 0,775 m
Jarak Sumbu Roda :1,335 m
Kapasitas Tangki BBM : 14 Liter
Berat Kosong : 122 Kg
3. Kawasaki Ninja KRR-SE PDK 150
Bisa dibilang, Inilah leluhur dari Kawasaki Ninja 150 yang masih beredar hingga saat ini. Apabila dilihat dari tampilan sih, Ya jelas kalah jauh bila dibanding Ninja 150 masa kini. Tapi lihat dulu spek performanya, Ninja KRR-SE adalah produk Kawasaki yang berkolaborasi dengan Produsen Racing PDK & Tsukigi, Oleh karena itu walaupun sama-sama 2-Tak 150cc tapi KRR-SE mampu memuntahkan Output Power hingga 40 PS Loh Brosist ! (Bandingkan Ninja 150 Sekarang yang cuma 30 PS). Hal ini terwujud berkat adanya Blok Silinder Gold PDK, Knalpot Special Made-in Tsukigi & Teknologi HI-KIPS (KIPS plus tambahan open-close Valve saat kick starter, bukan Electronic KIPS laiknya di KR1-series).
Berikut Sedikit Info Spesifikasinya :
Model : Kawasaki KRR-SE PDK
Engine : 2-Tak, Liquid Cooled, Single Cylinder, HI-KIPS
Kapasitas Silinder : 148 cc
Rasio Kompresi : 8 : 1
Bore x Stroke : 59 x 54,4 mm
Penyuplai BBM : Keihin PWL28
Max Power : 39,2 HP @ 11.000 Rpm
Max Torque : 26 N.m @ 10.000 Rpm
Knalpot : Special Made By Tsukigi Racing
Blok Silinder : Special Made by PDK Racing
Berat Kosong : 121 Kg
4. Honda NSR 150 SP
Nah, Bisa dibilang inilah Motor 150cc paling Mutakhir, Powerfull dan Stabil. Versi NSR SP adalah versi upgrade dari NSR New RR Astra yang mendapat sedikit “sentuhan” Divisi Racing Honda yakni HRC. Maka hasilnya pun sudah bisa ditebak, Sebuah Motor Powerfull, Berpenampilan Mutakhir dan Memiliki Handling diatas Motor sejenis menjadi Trademark Produk Berlabel SP ini. Sebagai dapur pacunya Motor ini mengendong Mesin 2-Tak 150 cc dengan dukungan RC-Valve yang mampu menyemburkan Output Power sebesar 39,5 PS dan Torsi sebesar 27,5 N.m (Wow banget Broosist !). Tak hanya itu, Motor ini juga menggunakan Frame & Mono-Arm (Single Swing Arm) yang Identik dengan kakaknya NSR250SP MC28 Plus Livery Honda Repsol Edition (Makjossssss Brotherr !!!).
Dan berikut sedikit Info Spesifikasinya :
Model : NSR 150 SP
Engine : 2-Tak, Liquid Cooled, Single Cylinder, Honda RC Valve System
Kapasitas Mesin :149cc
Bore x Stroke :59 x 54.5 mm
Max Power : 38,7 HP @ 10.500 Rpm
Max Torque : 27,5 N.m @ 10.000 Rpm
Transmisi : 6 Speed Return
Pengapian : Electronic CDI Unit
Panjang : 1,970 m
Lebar : 0,685 m
Tinggi : 1,060 m
Jarak Sumbu Roda : 1,355 m
Berat :122 Kg
Ban Depan : 90/80 – 17
Ban Belakang : 130/80 – 17
Okee, Tetep selalu update bersama EA’s Blog ya Brosist.
Semoga Bermanfaat…
dapat tzm second, harganya kek viksen baru…tp ya mulusss sudah 6 tahun dr dapat hingga kini masih maknyozzz larinya, sayang speedometer error…prasaan lari kenceng tp infonya paling mentok 80km/jam wkwkwkwkwk
Wah dapet harga 23 kalau kondisi OK sih maknyuss bgt kang… Saya pernah ketemu sekali dijalan warna putih suara knalpot standarnya garing2 mantep bikin ngiler gitu deh… Hheee
Lah justru bagus kang, Walaupun cuma 80 di speedo tapi motor 150-250 jaman sekarang pasti pada minder deh… Mantap kang motornya !
G jg bru dpt tzm bkas bro.tpi masi blm smpat pke.slnya masi nginap dibngkel n mau puluhan juta perbaikinya T_T
Waaahh, Jarang-jarang tuh broo barangnya. . .
Sekarang masih di bengkel TZM nya ??
Tzm ku masih sakit T_T
tmen ane ada yang punya nsr 2tak,kalo soal performa gak d ragukan lagi,tapi borosnya ituloh,ampun dah!
Betul kang, Borosnya sebanding sama Boros Performanya…. Hhheee 😀
yg putih bukan KRR SE PDK tu itu fairing nya serpico
Oiya maap kalau ada salah, Segera diupdate… Maklum belum pernah nyobain langsung…. 😀
Thanks kang….
mantap nih .. jadi intinya ninja exzis karena yang lain udah ninggalkan 2 tak.bukan karena bertahan karena yang paling bagus
Yupp benar kang *ehh sistt *ehh Apa ya…? 😛
Tapi itu juga berarti Kawasaki with Ninjanya yang paling ngerti kebutuhan speedlovers yang masih rindu asapnya 2Tak..
ohhh ya ada yg lupa, dan BOROS ! hahaaa namun yaaa ora boros2 nemen lah kek montor gp
Hhhheeee….
Boros BBMnya sesuai sama tarikannya yang boros kencengnya mass…. 😀
Klo pake pelan ga boros juga bro.saya ada 2 biji tzm siap jual.minat?cari saya dipontianak
dulu pernah punya RG150R, powernya gila, masalah bensinnya jangan tanya ya…
Power = Bensin ya kang…. Sepadann…. Juossss
ane punya rx king,tapi gak boros2 amir tuh,perbandingan pemakaian bbmnya kayak mio lawas itu dah,oli gak d hitung lo,,,,
Hhheee, Olsam nya yang maknyuss sebulan abis berapa tuh kang ??
Ya kalo King beda lah kang kelasnya sama kontestan kita yang 4 tadi, King cucoo tuh buat blayer2in Ninin RR….xixixi 😀
Lahwong harga sekennya TZM, RG Gamma & NSRSP aja masih gila2an….
Kebetulan 2 hari lalu ane ketemu TZM hitam kuning di kebraon – surabaya, tp modelnya lebih bagus dari gambar ente broo, I swearrr.. kalau si empunya mau, ane mau dah barter dengan BB gemini ane, wkwkwk..
Kalo NSR cukup sering ane liat di Basra – Surabaya tiap malming. Eh BTW KRR SE PDK kpk ninja 150 R bangget ya body tengah smpe ke belakang.
Tadi juga sebenernya udah upload pic TZM yang masih kinclong, Tapi ext nya ga diterima WP… T_T
Lahh itu mah dituker guling ama N95 ane ajaa cocoknya…. Wkwkwk
Kalo NSR & Ninja KRR/serpico/RR emang komunitasnya lumayan banyak mass, Ditangerang sini juga sering liat.
Buritannya KRR PDK emang persis kaya Ninja R ya mas, Bahkan sampe frame nya juga deh kayaknya…
Bro usul, gimana kalo untuk kategori di tambah dengan history. Pokoknya motor yg udah gak di produksi, layak masuk history, ya kayak quartet 150 cc 2 tak tadi. Bisa nambah pengetahuan sekaligus pengobat kerinduan senior” ente yg pernah hidup se jaman dengan ntu motor”. Oia jgn lupa juga ulasannya yg detail & sipppp..
Sip broo.. Kemarin juga ada yang usul begitu, Tapi berhubung CPU belum kelar dibenerin (belumgajian) jadi belum smpet deh…. Xixixi
tengkyu buat masukannya masbroo…
di sorong papua yang punya TZM hanya 3 orang yang punya NSR 2 orang……. tapi emang nieh mongstor paling ajib……..
Wah ternyata brothers kita di ujung timur sana ada juga yang punya motor yahudd kaya gini…
Top Markotop lah pokoknya Tarikan dan Suaranya… 😀
kang, sudah saya publish ke ranah kaskus kang..
ini link nya..
http://www.kaskus.co.id/thread/531702e3feca179b528b4605/mengenang-kembali-motor-super-150cc—2stroke
makasih kang..
OK sama2 kangbroo… Tadi udah mengintip kaskusnya, Mayan rame yaa… Yang penting gak menyinggung suatu pihak, Monggo dishare aja… Thanks buat apresiasinya masbroo… 😀
Gua pnya rg sob , tarikannya ke di tarik setannn ke belakang,,
Waaww, Mantep tuh brooo… Juoss banget pasti ya, jambakannya
cari RGGamma 150, enak keknya buat harian, bosen naek TZM kegedean di jkt
Waww, Punya Yamaha TZM nih bro ?? Boleh dong icip-icip 😀
Saya ada 2 tzm mau jual.minat?
aaah……yg pdk dulu bnyk dimari tapi kbanyakan hasil modif bukan brg langsung jd 🙂
http://balimotorider.com/2015/02/12/mig-city-riding-to-bogor/
beruntung saya tau nyoba tzm,waktu sma dulu thn 98,kalo rgr lokal jauh banget performanya.jaman ITU Yamaha f1z cuma 4jtan, tzm sdh nangkring sdh hrg 15jtan.top banget deh.sama kyk nsr sp jaman awal kuliah punya teman. kl ninja RR aka dijamin amblas.tapi yg paling dahsyat yg pernah says coba aprilia rs250sp yg livery chesterfield.seram abis tenaganya.bikin nyali ciut duluan.padahal pengalaman naik 2tak sehari2. motornya ngajak lari,jalannya sdh habis. 2tak is the best
Honda NSR 150 SP memang ngeri powernya bro…
2 minggu kmaren ane liat ada NSR 150 SP dgn gampang nyalip Yamaha R25 disaat R25nya itu lgi nyalip Ninja 250… serem bro… ;w;
ane disaat itu naik CBR150R hnya bisa bengong bro… ;w;
Dulu motor ini bikin saya sakit, diajak bapak ke pameran motor, waktu itu liat NSR 150 SP Lvery Repsol Racing HRC dan TZM 150 Tri Colour (merah putih hitam) langsung jatuh cinta, bapak ngambilin brosur n Price Listnya, tiap bangun tidur n mau tidur selalu baca spek dr brosur n liat hargax n sampe sakit gara2 mogok makan spy dibelikan, dan walhasil akhirnya saya dibelikan motor 2 tak legendaris,,,, Suzuki Crystal 🙂 kata bapak belajar aja dulu pakai motor ini kan sama2 2 tak, knalpotnya sama2 modelx… jiahhhhhh…. skrg sudah dewasa baru tau… cari uang itu sulit yah.. ckckkckkkkk
wkwkwkwk, sadarnya setelah beberapa tahun kemudian ya kang… samaan euy 😀
Mantab boss…di solo yg suzuki gama blm pernah liat
Request buat Nsr yg Fsx, hehe.., pengen tahu lebih dalam soal fersi Nsr yg terakhir nhi ..
Tahun 2021 baru nyobain NSR150R temen… Sayang sekali RC Valve nya mati.. akibat nya, rpm bawah brebet parah…
Tapi nyari2 rpm sampe 1 lampu merah, puter balik dan start di lampu merah tsb…
Dan bener aja.. baru kali itu gw rasain jambakan NSR150 kaya apa…
Wkwkwkwkw, gw yg doyan ugal2 an di jalanan… Langsung ciut nyali… Sampe gigi 4 doank…
Sama kaya ciut Nyali saat test ride Satria 2tak spek FFA drag yg jadi 140cc an … Gigi 2 lompat hampir terjatuh…
Langsung deg2 seerrrr
Cita2 tetep pengen beli dan bawa langsung ke Indonesia Suzuki RG 150 Gamma II