Mengingat Kembali Motor Super 150cc 2-Tak ! TZM, RG150 II, KRR-SE, NSR SP

nsr vs tzm.jpeg

Era Motor sport 2-Tak memang sudah lama berlalu, Namun ternyata hingga kini masih ada lho Produk 2-Tak yang masih dijual bahkan masih diproduksi. Yaa benar! Hanya si Motor Kentjang Ninja 150 Series lah yang mampu bertahan di derasnya arus modernisasi ini. Hentakan Torsinya, Gemerincing Knalpotnya, Tampangnya yang kini Makin Rupawan serta Performanya yang Yahud dibanding Motor 4-Tak lainnya mampu membius Para Fanatik Speedlovers hingga masa kini. Namun, Sejak dulu ternyata banyak loh yang lebih OK dari Ninja 150 Series, Bahkan bisa dibilang Ninja 150 yang sekarang ga ada apa-apanya dibanding Motor yang segera kita bahas. Apa saja itu ? Yuk Mari Diurut-urut *ehh Dirunut satu persatu…

1. Yamaha TZM 150

tzm y.jpeg
tzm 150.jpeg

Motor ini layak disebut sebagai Motor Eksotis di jamannya. Lihat saja lekukan Body nya yang aduhai, Headlamp Mungil nan Imut-imut & Desain Keseluruhannya yang terlihat Eksotis. Eitss, Tapi jangan salah, Dibalik motor yang bertampang manis ini ternyata mengandung unsur garang yang serem lho Brosist… Lihat saja pada performanya, Dijamin bikin jantung berdebar loh. Motor 2-Tak yang pernah masuk Indonesia secara CBU ini, Menggendong mesin 2-Tak Liquid-Cooled Berkapasitas 150cc ditambah system YPVS (Yamaha Power Valve System) Mampu memuntahkan Output Power hingga 36 PS ! (Gendeng pisann).

Berikut Sedikit Info Spesifikasinya :

Model : TZM 150
Engine : 2 Tak, Single Cylinder, Liquid Cooled, YPVS System

Kapasitas Silinder : 147 cc

Bore & Stroke : 59 X 54 mm

Max Power : 35,3 HP @ 10.500 Rpm

Max Torque : 25 N.m @ 9,500 Rpm

Starter Sytem : Electric

Lubrication System : Wet Sump

Transmissi : 6 Speed Chain Driven

Panjang : 1,965mm

Lebar : 685mm

Tinggi : 1,100mm

Jarak Sumbu Roda : 1,330 mm

Tinggi Jok : 765mm

Berat Kosong : 119kg

Suspensi Depan : Telescopic,Coil spring, Oil damped

Suspensi Belakang : Swingarm, Coil spring, Oil Damped

Rem Depan : Disc

Rem Belakang : Disc

Ban Depan : 90/80 -17 46S

Ban Belakang : 110/80 – 17 57S

Pengapian : Electronic CDI

Kapasitas Tangki BBM : 13 Liter

2. Suzuki RG150 II (RGV Gamma)

rg 150 ii gamma.jpeg

Motor ini memang gaungnya lebih kecil dibanding kontestan pertama tadi. Masyarakat Indonesia mungkin hanya mengenal RGR150 yang merupakan versi awal dari motor ini. Motor ini diciptakan dengan garis keturunan layaknya RGV250 Gamma, Oleh karena itu performa RG150 II ini performanya sangat timpang bila dibandingkan RGR150. Tengok saja Mesinnya, Walaupun masih 2-Tak 150cc namun kini telah menggunakan Liquid Cooled & Suzuki AETC System (Automatic Exhaust Timing Control System) yang mampu mendongkrak tenaga kuda pacu Suzuki 150cc ini. Terbukti, Output Tenaganya menjulang tinggi hingga 37 HP dan Torsi 25 N.m (Wuihh, Bisa Jengkang-jengkang nih setiap narik gaspoll). Namun sayangnya Suzuki tidak memasarkan produk ini ke Tanah Air, Mengingat kala itu Krisis Moneter sedang melanda Indonesia. Tetapi menurut Pengamatan EA’s Blog, Ternyata ada pengimpor yang memboyong Motor ini ke Indonesia, Walaupun jumlahnya tak sebanyak TZM/NSR namun Produk RG150 II Gamma ini tetap maknyuss pisann….!

Berikut tambahan spesifikasinya :

Model : RG150 II Gamma

Engine : 2-Tak, Liquid Cooled, Single Cylinder, Suzuki AETC System
Kapasitas Silinder : 148 cc
Bore x Stroke : 61 x 50.6 mm

Rasio Kompresi : 6.8 : 1

Penyuplai BBM : Mikuni TM28 SlingShot

Pengapian : CDI

Max Power : 37 HP @ 10800 Rpm

Max Torque : 25 N.m @ 10000 Rpm

Sistem Lubrikasi : Tipe Basah

Kopling : Manual, Tipe Basah Majemuk
Transmisi : 6 Speed

Starter system : Kick Starter

Sasis : (SRFB) Suzuki Racing Frame Box
Suspensi Depan : Teleskopik

Suspensi Belakang : Banana Swing Arm, Single shock

Rake / Trail:25 degrees / 94 mm (3.7 inches)

Ban Depan : 90/90 – 17

Ban Belakang : 110/90 – 17

Rem Depan : Single 290 mm Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston
Rem Belakang : Single 210 mm Cakram Hidrolik, Kaliper 1 Piston
Panjang : 2,005 m
Lebar : 0,660 m
Tinggi :1,140 m
Tinggi Jok : 0,775 m
Jarak Sumbu Roda :1,335 m
Kapasitas Tangki BBM : 14 Liter
Berat Kosong : 122 Kg

3. Kawasaki Ninja KRR-SE PDK 150

krr-se3.jpeg

Bisa dibilang, Inilah leluhur dari Kawasaki Ninja 150 yang masih beredar hingga saat ini. Apabila dilihat dari tampilan sih, Ya jelas kalah jauh bila dibanding Ninja 150 masa kini. Tapi lihat dulu spek performanya, Ninja KRR-SE adalah produk Kawasaki yang berkolaborasi dengan Produsen Racing PDK & Tsukigi, Oleh karena itu walaupun sama-sama 2-Tak 150cc tapi KRR-SE mampu memuntahkan Output Power hingga 40 PS Loh Brosist ! (Bandingkan Ninja 150 Sekarang yang cuma 30 PS). Hal ini terwujud berkat adanya Blok Silinder Gold PDK, Knalpot Special Made-in Tsukigi & Teknologi HI-KIPS (KIPS plus tambahan open-close Valve saat kick starter, bukan Electronic KIPS laiknya di KR1-series).

Berikut Sedikit Info Spesifikasinya :

Model : Kawasaki KRR-SE PDK
Engine : 2-Tak, Liquid Cooled, Single Cylinder, HI-KIPS
Kapasitas Silinder : 148 cc
Rasio Kompresi : 8 : 1

Bore x Stroke : 59 x 54,4 mm

Penyuplai BBM : Keihin PWL28
Max Power : 39,2 HP @ 11.000 Rpm

Max Torque : 26 N.m @ 10.000 Rpm

Knalpot : Special Made By Tsukigi Racing

Blok Silinder : Special Made by PDK Racing

Berat Kosong : 121 Kg

4. Honda NSR 150 SP

nsrsp.jpeg

Nah, Bisa dibilang inilah Motor 150cc paling Mutakhir, Powerfull dan Stabil. Versi NSR SP adalah versi upgrade dari NSR New RR Astra yang mendapat sedikit “sentuhan” Divisi Racing Honda yakni HRC. Maka hasilnya pun sudah bisa ditebak, Sebuah Motor Powerfull, Berpenampilan Mutakhir dan Memiliki Handling diatas Motor sejenis menjadi Trademark Produk Berlabel SP ini. Sebagai dapur pacunya Motor ini mengendong Mesin 2-Tak 150 cc dengan dukungan RC-Valve yang mampu menyemburkan Output Power sebesar 39,5 PS dan Torsi sebesar 27,5 N.m (Wow banget Broosist !). Tak hanya itu, Motor ini juga menggunakan Frame & Mono-Arm (Single Swing Arm) yang Identik dengan kakaknya NSR250SP MC28 Plus Livery Honda Repsol Edition (Makjossssss Brotherr !!!).

Dan berikut sedikit Info Spesifikasinya :

Model : NSR 150 SP

Engine : 2-Tak, Liquid Cooled, Single Cylinder, Honda RC Valve System

Kapasitas Mesin :149cc

Bore x Stroke :59 x 54.5 mm

Max Power : 38,7 HP @ 10.500 Rpm
Max Torque : 27,5 N.m @ 10.000 Rpm

Transmisi : 6 Speed Return

Pengapian : Electronic CDI Unit

Panjang : 1,970 m

Lebar : 0,685 m

Tinggi : 1,060 m

Jarak Sumbu Roda : 1,355 m

Berat :122 Kg

Ban Depan : 90/80 – 17

Ban Belakang : 130/80 – 17

Okee, Tetep selalu update bersama EA’s Blog ya Brosist.
Semoga Bermanfaat…

39 comments

  1. dapat tzm second, harganya kek viksen baru…tp ya mulusss sudah 6 tahun dr dapat hingga kini masih maknyozzz larinya, sayang speedometer error…prasaan lari kenceng tp infonya paling mentok 80km/jam wkwkwkwkwk

  2. mantap nih .. jadi intinya ninja exzis karena yang lain udah ninggalkan 2 tak.bukan karena bertahan karena yang paling bagus

    • Yupp benar kang *ehh sistt *ehh Apa ya…? 😛
      Tapi itu juga berarti Kawasaki with Ninjanya yang paling ngerti kebutuhan speedlovers yang masih rindu asapnya 2Tak..

    • Hhheee, Olsam nya yang maknyuss sebulan abis berapa tuh kang ??

      Ya kalo King beda lah kang kelasnya sama kontestan kita yang 4 tadi, King cucoo tuh buat blayer2in Ninin RR….xixixi 😀
      Lahwong harga sekennya TZM, RG Gamma & NSRSP aja masih gila2an….

  3. Kebetulan 2 hari lalu ane ketemu TZM hitam kuning di kebraon – surabaya, tp modelnya lebih bagus dari gambar ente broo, I swearrr.. kalau si empunya mau, ane mau dah barter dengan BB gemini ane, wkwkwk..
    Kalo NSR cukup sering ane liat di Basra – Surabaya tiap malming. Eh BTW KRR SE PDK kpk ninja 150 R bangget ya body tengah smpe ke belakang.

    • Tadi juga sebenernya udah upload pic TZM yang masih kinclong, Tapi ext nya ga diterima WP… T_T
      Lahh itu mah dituker guling ama N95 ane ajaa cocoknya…. Wkwkwk

      Kalo NSR & Ninja KRR/serpico/RR emang komunitasnya lumayan banyak mass, Ditangerang sini juga sering liat.
      Buritannya KRR PDK emang persis kaya Ninja R ya mas, Bahkan sampe frame nya juga deh kayaknya…

  4. Bro usul, gimana kalo untuk kategori di tambah dengan history. Pokoknya motor yg udah gak di produksi, layak masuk history, ya kayak quartet 150 cc 2 tak tadi. Bisa nambah pengetahuan sekaligus pengobat kerinduan senior” ente yg pernah hidup se jaman dengan ntu motor”. Oia jgn lupa juga ulasannya yg detail & sipppp..

    • Sip broo.. Kemarin juga ada yang usul begitu, Tapi berhubung CPU belum kelar dibenerin (belumgajian) jadi belum smpet deh…. Xixixi

      tengkyu buat masukannya masbroo…

    • OK sama2 kangbroo… Tadi udah mengintip kaskusnya, Mayan rame yaa… Yang penting gak menyinggung suatu pihak, Monggo dishare aja… Thanks buat apresiasinya masbroo… 😀

  5. beruntung saya tau nyoba tzm,waktu sma dulu thn 98,kalo rgr lokal jauh banget performanya.jaman ITU Yamaha f1z cuma 4jtan, tzm sdh nangkring sdh hrg 15jtan.top banget deh.sama kyk nsr sp jaman awal kuliah punya teman. kl ninja RR aka dijamin amblas.tapi yg paling dahsyat yg pernah says coba aprilia rs250sp yg livery chesterfield.seram abis tenaganya.bikin nyali ciut duluan.padahal pengalaman naik 2tak sehari2. motornya ngajak lari,jalannya sdh habis. 2tak is the best

  6. Honda NSR 150 SP memang ngeri powernya bro…

    2 minggu kmaren ane liat ada NSR 150 SP dgn gampang nyalip Yamaha R25 disaat R25nya itu lgi nyalip Ninja 250… serem bro… ;w;

    ane disaat itu naik CBR150R hnya bisa bengong bro… ;w;

  7. Dulu motor ini bikin saya sakit, diajak bapak ke pameran motor, waktu itu liat NSR 150 SP Lvery Repsol Racing HRC dan TZM 150 Tri Colour (merah putih hitam) langsung jatuh cinta, bapak ngambilin brosur n Price Listnya, tiap bangun tidur n mau tidur selalu baca spek dr brosur n liat hargax n sampe sakit gara2 mogok makan spy dibelikan, dan walhasil akhirnya saya dibelikan motor 2 tak legendaris,,,, Suzuki Crystal 🙂 kata bapak belajar aja dulu pakai motor ini kan sama2 2 tak, knalpotnya sama2 modelx… jiahhhhhh…. skrg sudah dewasa baru tau… cari uang itu sulit yah.. ckckkckkkkk

  8. Tahun 2021 baru nyobain NSR150R temen… Sayang sekali RC Valve nya mati.. akibat nya, rpm bawah brebet parah…

    Tapi nyari2 rpm sampe 1 lampu merah, puter balik dan start di lampu merah tsb…

    Dan bener aja.. baru kali itu gw rasain jambakan NSR150 kaya apa…

    Wkwkwkwkw, gw yg doyan ugal2 an di jalanan… Langsung ciut nyali… Sampe gigi 4 doank…

    Sama kaya ciut Nyali saat test ride Satria 2tak spek FFA drag yg jadi 140cc an … Gigi 2 lompat hampir terjatuh…

    Langsung deg2 seerrrr

    Cita2 tetep pengen beli dan bawa langsung ke Indonesia Suzuki RG 150 Gamma II

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....