Akankah Honda NSF250R “Membagi” Sedikit Ability nya Pada CBR250 ?

900max_moto_3_honda_nsf_250_r_d.jpeg

Janji EA’s Blog untuk membuatkan artikel tentang Honda NSF250 coba untuk ditepati. Nah bagi yang belum tahu seperti apa sih Honda NSF250R (Emang agak jarang terdengar sih Gaungnya) Kini EA’s Blog coba untuk share sedikit informasi yang EA’s Blog tahu kepada Brosist beserta Korelasi nya dengan saudara dekat namun berbeda jenisnya (Mungkin beda bapak ibu 😀 ) CBR250R… Let’s Check it out !

Honda NSF250R Diperkenalkan ke Publik pada medio 2011 lalu. Motor ini adalah purwarupa pengganti Honda RS125 di ajang motoGP yang kala itu akan segera menghapus kelas 125cc 2-Tak dan menggantinya ke kelas moto3 atau 250cc 4-Tak. Tentunya sebagai pengganti motor yang telah dikenal luas diajang motoGP, NSF250R Haruslah mempunyai kemampuan yang sepadan atau mungkin melebihi suksesor sebelumnya.

screenshot_42.jpg

Jengg jengg jrenggg….
Ternyata motor 4-Tak yang “Hanya” Satu silinder ini mampu membuat para fans nya ” Mangap “, Termasuk EA sendiri yang pernah membaca beritanya awal 2012 lalu. Bagaimana tidak Brosist, Motor ini dilengkapi berbagai part yang berkategori High-Tech ala HRC. Seperti Klep Titanium, Piston yang dilapisi Nickel-Silicon-Carbide (Ni-SiC) berikut dengan peletakan ulang posisi blok silinder yang didesain pada kemiringan 15 derajat, Membuat Motor yang hanya memiliki Satu silinder ini mampu memuntahkan power 35,5 KW atau lebih dari 47 HP tepatnya 47,57 HP ! Dan yang mengagetkan lagi ternyata NSF250R mampu meraung hingga redline di 14.000 Rpm (Mangap kan ? Satu silinder bisa Lebih dari CBR250RR yang 4 Silinder). Eitss, Tunggu Dulu ! Ada yang bikin lebih mangap lagi, Dengan berbagai teknologi yang dipakainya seperti Rangka Twin-Tube Alumunium, Upside Down Titanium & Bahan serta material berteknologi tinggi lainnya mampu membuat NSF250R ini hanya memiliki Bobot 84 Kg saja ! (Busyehhhh, Sama Spacy EA’s Blog pun masih jauh Entengan NSF250, Wedyannn !!!). Motor yang langsung dibuild dan didevelop Honda (HRC) ini Diklaim mampu mencapai speed 200 km/h dengan sangat mudah , Sehingga gap antara kelas 125cc 2-Tak dengan 250cc 4-Tak di moto3 bisa dibilang sama (Atau malah bagusan 250 4-Tak ?)

honda-nsf250_moto3_060.jpeg
nsf250r-10.jpeg
honda_nsf_250_r_03.jpeg

Berikut Spesifikasi lengkapnya yang dikutip dari World Honda :

Model Name : Honda NSF250R

Model Type : MR03

Overall length × Overall Width × Overall Height : 1.809×0.560×1.037 m

Wheelbase : 1.219 m

Ground Clearance : 0.107 m

Seat Height : 0.729 m

Caster Angle : 22°36″

Curb Weight : 84 kg

Fuel Tank Capacity : 11 Litres

Engine Type : Liquid-Cooled, 4-Stroke, DOHC 4V, Single Cylinder

Displacement : 249.3cc

Bore × Stroke : 78.0 × 52.2 m

Max Power : 35.5 KW (47,57HP) @ 13,000 Rpm

Maximum Torque : 28.0 N.m @ 10,500 Rpm

Oil Capacity : 1.27 Litres

Transmission Type : Constant Mesh

Gear Ratio
1st :1.875

2nd :1.524

3rd :1.304

4th :1.167

5th :1.077

6th :1.000

Reduction Gear Ratio
Primary : 2.952

Secondary : 2.333

Devices (Intake) : IACV

Fuel Supply System : PGM-FI

Ignition Type : Full-Transistor

Clutch Type : Wet Multiplate

Lubricating Type : Semi-Dry Sump

Tire Size
Front : 90/580R17

Rear : 120/600R17

Rim Size
Front : 2.50-17

Rear : 3.50-17

Brake
Front : Type Hydraulic Disc,
Diameter 296mm

Rear : Type Hydraulic Disc,
Diameter 186mm

Suspension
Front : Inverted Telescopic (Upside Down)

Rear : Pro-Link Suspension system

Frame Type : Aluminum Twin Tube

Nah, Terus apa korelasinya sama CBR250R ?
Ada kok Brosist ! Coba Lihat Platform mesin yang dipakai… Yupp benar Keduanya sama-sama memakai platform Mesin 250cc 4-Tak Liquid Cooled DOHC 4V Satu Silinder. Nah, Mengingat Honda CBR250RR sedang digossipkan akan Direfresh sebentar lagi, Maka apa salahnya Honda menerapkan “sedikit” aroma performa dahsyat NSF250R ke dalam gen CBR250R. Tak dibutuhkan terlalu banyak kok ! (Kalo terlalu banyak nanti kompetitor yang 2 silinder bisa-bisa bakal dibully 😀 ), Cukup pada Aspek Remapping Ulang ECU, Kenaikan Rasio Kompresi Mesin dan Menyusun ulang posisi konfigurasi blok silinder (Atau kalo bisa sekalian Gigi Rasio dan Blok Silinder + Head versi Hemat NSF250R) , agar performa dapat menanjak signifikan namun tetap dalam kategori Sportbike Jalanan serta Tentunya tidak mengubah karakter utama CBR250R yakni Easy & Fun to Ride. Sepertinya hal kecil ini memang ” Harus ” dilakukan oleh Honda agar nama besar klan CBR Series tidak tercoreng di pasar Roda Dua Indonesia. Ingat !! Basic CBR Seharusnya adalah Motor Performa tinggi dengan dukungan fitur High-Teknologi serta Memiliki Handling Superior dibandingkan Kompetitor.

honda-cbr300r-2014.jpeg

Bagaimana, Ada yang setuju atau mau Menambahkan ??
Silahkan diisi kritik, saran atau tambahannya di Kolom Komentar…

Tetep Update bareng EA’s Blog ya Brosist !
Happy Weekend !!
Semoga bermanfaat…..

Posted By EA’s Blog

18 comments

  1. Bisa, bisa mahal harganya hehehe…
    Spek balap dg part super mahal kualitas yahud Bakal bikin harganya melambung, dg spek skrg sj sdh beti dg ninin250..

    • Hhheee…
      Bukan spek balap kok kang yang ada di isi artikelnya, Cuma remap ECU, Naikin rasio kompresi atau mungkin bisa pakai ukuran bore x stroke NSF tanpa embel2 part high-tech nya… Kalo naik harga sih urusannya honda saja, Kalo nama CBR masih mau exist sih lebih baik harganya dibuat sesuai logika…. Xixixi 😀

  2. Jozzz bro, artikelnya berbobot bgt, tampilannya jg menarik, ane yakin kalo ente trs bikin artikel2 yg bagus gini, blog ente isa jd besar seperti duo blogger terbesar indonesia saat ini.. Lanjutken broo..

    • Terima kasih untuk apresiasi & sanjungannya kangbro, saya doakan kangbro lancar terus rejekinya….. Hhee
      Saya sih inginnya belum sampe semuluk2 itu kangbro, Yang penting blog ini bisa kasih informasi berguna ke pembacanya & pembacanya tertarik lalu memberikan komentar,saran & kritik saya sudah senang sekali kangbroo…
      Terimakasih banyak sekali lagi…. 😀

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....