Apa yang Bikin Honda NSR250R Spesial?

Menjadi suksesor generasi MC18-I & MC18-II, NSR250R berkode MC21 masih mengandalkan mesin basis mesin V-Twin (MC16E) yang sama seperti pendahulunya, tapi punya upgrade total dari sisi detail & tampilan!

1990 NSR250R MC21 1

Contohnya seperti swingarm alumunium Gullarm terbaru, desain headlamp anyar dengan bantuan CAD komputer, desain buritan yang senada dengan RS250 (NF5) racer, sasis twinspar dengan konstruksi baru, kaki-kaki lebih lebar, plus ban berspek radial (depan & belakang).

Sementara detail keren lain seperti Velg Enkei 6-spoke yang legendaris, Disc cakram floating 276mm, Kaliper Nissin 4 piston, plus Master rem tabung pisah, masih tetap dipertahankan kubu sayap mengepak. Detail keren ini nih yang bikin NSR250R MC21 sukses punya bobot kosong yang cuma 132 kg doang!

1990 NSR250R MC21 9

Dirilis pada bulan Januari 1990, awalnya Honda NSR250R hanya ditawarkan dalam 2 opsi warna seperti pendahulunya: Ross White x Fighting Red & Ross White x Terra Blue. Pada bulan April 1990, NSR250R MC21 kembali mendapat opsi warna baru berupa Passion Red x Black.

1990 NSR250R-SP MC21 10

Dibulan ini juga, MC21 mendapat sentuhan ala racer tulen dengan nama NSR250R-SP alias Sport Production. NSR250R SP berbasis MC21 ini mengusung desain yang serupa dengan versi standarnya, namun sudah dibekali part eksotik seperti Velg MAGTEK Magnesium, Dry Clutch, plus Suspensi belakang dengan reservoir terpisah dan settingan suspensi yang lebih komplit dibanding versu Standard.

NSR250R SP edisi 1990 ini dijual hanya dalam satu opsi warna, yaitu Fighting Red x Ross Black. Unitnya juga cuma tersedia 2.500 unit, dan dijual dengan harga yang eye-watering 719,000 YEN! ALias 110,000 Yen lebih mahal dibanding NSR250R versi standar yang dilego dengan harga 609,000 YEN.

Sementara dari sisi mesin, meskipun masih mempertahankan basis MC16E, mesin berbasis RS250RW Racer ini sudah mendapat upgrade terbaru berupa sistem elektronik PGM generasi ketiga (PGM-III), upgrade cylinder head, crankshaft & crankcase baru, plus ubahan di area karburator dengan sensor yang lebih responsif (Keihin TA22 32mm).

Kelemahannya, sistem PGM-III di NSR250R MC21 jadi jauh lebih sulit untuk melepas restriksi power. Berbeda dari NSR250R MC18 (Hachi-Hachi), yang terkenal sangat mudah untuk dioprek bagi pemula. Kenapa harus dioprek?

Well, akibat regulasi pembatasan power sepeda motor di Jepang, Honda NSR250R & NSR250R-SP MC21 hanya memiliki output power maksimal 45 PS dan topspeed maksimum 180 km/h. Dan karena motor ini hanya dijual khusus untuk pasar domestik Jepang (JDM), NSR MC21 tidak memiliki spek ekspor yang punya klaim power fantastis laiknya Suzuki RGV250 atau Kawasaki KR-1 series.

GENERASI HONDA NSR250R MC21

Honda NSR250R STD MY 1990 (Ross White x Fighting Red, Passion Red x Black & Ross White x Terra Blue) – 609,000 YEN
Honda NSR250R SP MY 1990 (Fighting Red x Ross White) – 719,000 YEN – 2.500 Unit
MY 1991 Honda NSR250R SP (Pentax-Honda, 719,000 YEN, 1500 Unit), NSR250R SE (Ross White x Fighting Red, 649,000 YEN) & NSR250R STD (Black x Heavy Silver Metallic, 609,000 YEN)
MY 1992 Honda NSR250R SE (Ross White x Fighting Red & Black x Fighting Red, 660,000 YEN), NSR250R STD (Ross White x Real Blue, 620,000 YEN)
MY 1992 Honda NSR250R SP (Winners One Edition, 770,000 YEN, 900 Unit) & Rothmans-Honda WGP (730,000 YEN, 1500 Unit)


SPESIFIKASI HONDA NSR250R MC21

Model : NSR250R MC21

Production Year : 1990 – 1993

Class : Mass Production Race-Replica

Engine : (MC16E) 2-Tak, 90° V-Twin, Crankcase Reed Valve, PGM-III

Pendinginan : Liquid Cooled

Bore x Stroke : 54.0 x 54.5 mm

Kapasitas Mesin : 249 cc

Rasio Kompresi : 7.4 : 1

Transmisi : 6-speed Cassete-type Gearbox

Gear ratio 1st: 2.846, 2nd: 2.000, 3rd: 1.578, 4th: 1.333, 5th: 1.190, 6th: 1.083

Sistem Penyuplai BBM : 2x Karburator Keihin TA22 (with Throttle Position Sensor)

Max Power : 45 PS @ 9.500 RPM (Restricted)\

Max Torsi : 36,2 N.m @ 8.500 RPM (Restricted)

Top Speed : 180 Km/h (Restricted)

Sasis : Alumunium Twinspar Frame

Kapasitas Oli : 2 Liter

Kapasitas Tangki BBM : 16 Liter

Dimensi (PxLxT) : 1.975 x 655 x 1.060 mm

Berat Kosong : 132 Kg (STD), 133 Kg (SP)

Ban Depan : 110/70 – R17 (54H)

Ban Belakang : 150/60 – R17 (66H)

Rem Depan : 2x 276mm Floating Disc Brake, Kaliper Nissin 4 Piston

Rem Belakang : 220mm Disc Brake

Suspensi Depan : Telescopic Cartridge Valve, Adjustable Preload & Rebound (SP)

Suspensi Belakang : Monoshock with Separate Reservoir, Full Adjustable, Pro-link, Alumunium Gullarm Swingarm (SP)

Honda NSR250R MC28

Apakah Honda berpuas diri dengan kesuksesan NSR250R MC21? NO. In fact, meskipun market 250cc race replica mulai meredup pasca tahun 1993, pabrikan sayap justru tetap versi upgradenya yang bernama Honda NSR250R MC28.

Dirilis perdana pada bulan oktober 1993, Honda NSR250R MC28 bukan hanya mendapat upgrade dari sisi detail, tapi juga jadu motor perdana yang menggunakan teknologi PGM-IV dengan ciri khas kunci ‘PGM Memory Card’.

PGM Memory Card ini tersedia di seluruh varian NSR250R MC28, dan dibekali jenis microchip yang punya tipe engine mapping berbeda. Untuk PGM Memory tipe standar, konsumen bakal mendapatkan mapping mesin dengan tenaga maksimum 40 PS (sesuai standar regulasi Jepang).

Tapi kalau bisa mendapatkan PGM Memory Spesial HRC, konsumen bakal mengekstrak seluruh potensi yang ada di mesin NSR250R MC28. Dan apabila ditambah kit bawaan HRC (Expansion Chamber, Knalpot dan Cylinder kit), powernya bakal langsung melonjak jadi 75 PS dan tanpa restriksi topspeed!

Dan bukan cuma fitur keren tadi doang, bahkan detail teknikal di NSR250R MC28 pun jadi yang paling eksotik dikelas 250cc. Meskipun tampilan keseluruhannya nggak jauh beda dari generasi sebelumnya, tapi detail kayak Single Sided Swingarm (ProArm), Speedometer digital sekaligus housing PGM Memory Card, plus konstruksi shock teleskopik baru bertipe Cartridge.

Waktu dirilis perdana kepasar Jepang sebagai MY 1994, Honda NSR250R MC28 terbagi menjadi 3 line up, yakni NSR250R Standard, SE (Super Edition) dengan tambahan fitur dry clutch, serta SP (Sport Production) dengan tambahan detail Velg MAGTEK Magnesium, Dry Clutch, Setting suspensi komplit depan-belakang, Ban Radial Michelin terbaru, serta grafis spesial ala motor balap Honda dikelas GP500.

Versi 1996 adalah pengembangan terakhir untuk Honda NSR250R secara keseluruhan. Demand pasar race replica yang menurun di Jepang, sekaligus regulasi emisi yang disiapkan menuju millenium baru, jadi alasan Honda mengakhiri eksistensi sang NSR setelah 10 tahun menjadi Race Replica terlaris di negeri sakura.

Meskipun demikian, Honda NSR250R tetap menjadi salah satu ikon sepeda motor dari awal era 90-an. Bahkan efeknya masih berlaku sampai sekarang, dimana harga second motor ini (di Jepang) tembus 2-3 kali lipat lebih mahal dibanding harga aslinya tahun 1990-an dulu!

GENERASI HONDA NSR250R MC28
1993-1994 HONDA NSR250R MC28 SE (Ross White x Real Blue & Ross White x Sparkling Red, 720,000 YEN), NSR250R MC28 STD (Ross White x Sparkling Red, 680,000 YEN)
1994 Honda NSR250R MC28 SP (Rothmans-Honda WGP) 800,000 YEN – 1.500 Unit
1995 Honda NSR250R MC28 SP (Mick Doohan – HRC Factory Tricolor) 800,000 YEN – 1.500 Unit
1994 Honda NSR250R MC28 SP (Repsol-Honda WGP) 800,000 YEN – 1.000 Unit

Spesifikasi HONDA NSR250R MC28

Model : NSR250R MC28

Production Year : 1993-2000

Class : Mass Production Race-Replica

Engine : (MC16E) 2-Tak, 90° V-Twin, Crankcase Reed Valve, PGM-IV

Pendinginan : Liquid Cooled

Bore x Stroke : 54.0 x 54.5 mm

Kapasitas Mesin : 249 cc

Rasio Kompresi : 7.4 : 1

Transmisi : 6-speed Cassete-type Gearbox (Dry Clutch SE & SP)

Gear ratio 1st: 2.846, 2nd: 2.000, 3rd: 1.578, 4th: 1.333, 5th: 1.130, 6th: 1.000

Sistem Penyuplai BBM : 2x Karburator Keihin TB10 (with Throttle Position Sensor)

Max Power : 40 PS @ 9.500 RPM (Restricted)\

Max Torsi : 32,3 N.m @ 8.500 RPM (Restricted)

Top Speed : 180 Km/h (Restricted)

Sasis : Alumunium Twinspar Frame

Kapasitas Oli : 2 Liter

Kapasitas Tangki BBM : 16 Liter

Dimensi (PxLxT) : 1.975 x 655 x 1.060 mm

Berat Kosong : 134 Kg (STD), 138 Kg (SE), 137 Kg (SP)

Ban Depan : 110/70 – R17 (54H)

Ban Belakang : 150/60 – R17 (66H)

Rem Depan : 2x 276mm Floating Disc Brake, Kaliper Nissin 4 Piston

Rem Belakang : 220mm Disc Brake

Suspensi Depan : Telescopic Cartridge Valve, Adjustable Preload & Rebound ( SE & SP)

Suspensi Belakang : Monoshock with Separate Reservoir, Full Adjustable, Pro-link, Alumunium Gullarm Swingarm (SE & SP)

18 comments

    • Yupp betull kang RGV250 bisa nyampe 70hp tuh versi se nya yang pake RAM Air, NSR cuma 60, sekian hp… Tapi sayangnya klan NSR nya honda lebih popular….Owner nya sampe tahun modern kaya gini juga masih banyak….

  1. Liat motor ini jadi inget film HK tahun 90an yg dibintangi Andy Lau & SImon Yam, Legend of Speed. Trus ada juga filmnya Ekin Cheng sama Cecilia Cheung, tapi yg ini kalo ga salah pakai NSR 150 SP yah.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....