New Honda Vario 110 PGM-FI. Turun Kasta, Layakkah Dinanti ?

vario-techno.jpeg

Update News Vario 110 PGM-FI per 1 April 2014, Baca Selengkapnya Disini ….

Makin hari rasanya semakin menumpuk skutik yang mengaspal dijalanan tanah air. Kendaraan roda dua yang Praktis, Ringan, Hemat & Fungsional ini memang sudah menjadi “konsumsi” semua kalangan masyarakat Indonesia. Berbagai Produsen pun berlomba-lomba membuat skutik yang disukai oleh rakyat Indonesia. Termasuk Pabrikan yang satu ini, Yaaaa Honda siap untuk kembali melakukan update Fuel-Injection pada tiap Variannya yang masih bersistem Karburator. Vario 110 PGM-Fi disinyalir adalah peluru Honda selanjutnya disegmen Skutik. Bagaimana kira-kira peluangnya dipasar Roda Dua Indonesia ? Yuk kita bahas bersama….

1. Jika Mesin Turun Kasta, Fitur Wajib ditambah

beat engine.jpeg
Basic Mesin Honda Beat FI

Yaaa seperti diketahui bersama, Honda Vario 110 memang identik dengan basis mesin 110cc 2Valve SOHC Liquid Cooled. Baik itu Tipe Vario 110 MMC, Maupun Tipe Vario Techno 110 & Vario Techno 110 CBS yang telah discontinue setelah hadirnya Vario Techno 125 PGM-Fi.

honda+vario+125+techno.jpeg
Honda Vario 125 PGM-FI

Kini sedikit bocoran telah terpampang ke hadapan mata EA’s Blog dari blogger senior tmcblog , Bahwa New Vario 110 PGM-Fi akan memakai basis mesin Honda Beat FI yang notabene menggunakan Pendingin Udara alias Air Cooled alias AC Alam . Nah, Apabila benar si Vario 110 FI ini akan dibekali mesin si Beat FI, Maka EA’s Blog kira ada beberapa fitur yang harus diaplikasi ke Vario 110 FI ini sebagai pengganti Fitur Liquid Cooled Seperti :

– Fitur Standar Khas Skutik Honda
– Headlamp Projector / LED, Tailight LED
– ACG Starter
– Bagasi Luas (Helm-In Lebih Baik)

acg vario 125.jpeg
ACG Starter Vario 125

2. Desain Kombinasi Vario Techno 110 & Beat FI

honda-vario-110-injeksi_thumb.jpg

Dengan range harga berada diatas varian Beat FI, Spacy FI & Scoopy FI serta dibawah harga Vario 125 FI, Maka haruslah ada poin plus yang dimiliki Vario 110 FI ini. TIdak perlu terlalu berfikir panjang, Desain tentu bisa jadi perbedaan signifikan dengan varian Beat FI. Tak juga perlu mendesain ulang, Cukup ambil basic design Vario 110 FI yang ciamik serta dikombinasikan dengan beberapa basic part body Beat FI. Ditambah perpaduan warna yang elegan dan gak neko-neko layaknya Vario 125 FI (Jangan lupa kalau bisa ada warna putih dengan grafis RWB, Halo AHM ! ). Walhasil, Cost produksi bisa ditekan, Harga pun bisa menjadi semakin murah.

3. Harga Tak Boleh Lebih dari Vario Techno 110 (Type CW STD)

hondavariocw-3-small.jpg

Harga juga poin paling dominan untuk Vario 110 FI ini. Pasalnya, Apabila jadi turun kasta menggunakan mesin Beat FI maka harga pun tak boleh lebih mahal dari Vario 110 MMC ataupun Vario Techno 110. Menurut EA’s Blog Harga jual yang tepat adalah kisaran harga 14,6-14,8 Jt. Karena dengan harga demikian maka konsumen akan sangat dimanjakan Honda dengan berbagai produknya di range harga yang berbagai pula. Kelas pertama ada Beat FI & Spacy FI, Kelas kedua ada Scoopy FI, Kelas ketiga ada Vario 110 FI dan diatasnya ada kelas Vario 125 FI ( Kelas kelima ngarepnya ada Vario 150 FI & Zoomer X, ngarep :LOL ). Strateginya ya jelas, Tumpuk varian kompetitor atas bawah langsung dengan lini produk lengkap Skutik Honda, Mantebbb !!!!

4. Power Output Diatas Beat FI

vario-techno-sept-2011-merah.jpeg

Bila diaplikasikannya mesin Beat FI ke New Vario 110 FI benar-benar fix alias menjadi kenyataan, Maka haruslah ada perbedaan pula di sisi Power Output. Power Beat FI kini berada di 8,05 HP @ 8.000Rpm & Torsi 8,32 N.m @ 5.500Rpm , Maka Vario 110 FI harus sedikit berada diatasnya. Bahkan jika mendukung bisa diatas Power milik Honda Spacy FI yang berada di 8,5 HP @ 8.000Rpm & Torsi 9,1 N.m @ 6.500Rpm ( Spacy biar gendut tapi powernya nendang banget loh ! Ane punya soalnya ).

Nah, Jika sudah demikian, Harga yang telah disebutkan EA’s Blog pada poin 3 tadi akan lebih cocok untuk New Vario 110 ini. Bahkan jika New Vario 110 ini benar-benar dipasangkan part diatas & Memiliki spesifikasi serta harga cocok dengan opini EA’s Blog , Tak menutup kemungkinan Penjualan AHM akan meninggalkan jauh kompetitornya di Segmen Skutik tahun 2014 ini .
Bagaimana pendapat Brosist ? Setuju, Tidak Setuju, Atau ada yang Mau Menambahkan Opini EA’s Blog? Silahkan Isi di Kolom Komentar…..
Semoga Bermanfaat…!!!

Posted By Gadget EA’s Blog

12 comments

  1. akan lebih bagus jika buritan tetep menganut versi karbu cm di buat seperti bulan sabit pakai LED 2 baris & body depan pakai vario tekno dual lamp syukur2 udah pke proji LED & sayap menganut WTF

    • Setuju !
      Kalo buritan pakai Beat FI mah rada membulat gimanaaaa gitu, Yang jelas jadi ga ada matchingnya sama Body depan yang pake Vartech 110… Kalo ane pribadi mah desain mirip plek Vartech 110 + Bagasi & Kapasitas tangki gedein udah mantep pake banget kang….

  2. menurut gua sih , vario 110 fi fiturnya udah keren, cuman di sisi mesin kok meski make mesin beat fi sih! , jadi kan bisa dikatakan vario 110 fi sama beat fi itu sama, cuman beda kesing doang, bikin kecewa ja, kmren pas liat di dealer sempet tertarik tpi pas tau mesinya jadi kecewa, kirain pake radiator juga, n kalo pake mesin beat fi jadi suara mesinya juga kasargak halus kayak vario 125, elektrik staternya juga rame bener, bikin kecewa aja,

  3. soal desainya, lampu depannya uda keren , tpi lampu belakangnya engga keren, kerenan vario 110cw yg dulu,

  4. mas bro, medingan body punyanya vartech mesinnya aja diupgrade punyae cartech 125, di tingkat konsumen model vartech 110 masih banyak yang nyari, ketimbang model vartech 125 kegedeaan alias bongsor.

Silahkan Berikan Komentar Brosist yaa ....